Sejarah FMIPA Unsoed

Fakultas MIPA (FMIPA) didirikan berdasarkan Permendiknas No 17 Tahun 2014, tanggal 23 Maret 2014 tentang Organisasi dan Tata Kelola Unsoed, dimana FMIPA merupakan fakultas ke-11 (kesebelas) di Unsoed. FMIPA terdiri dari 3 jurusan, yaitu Jurusan Kimia, Jurusan Matematika dan Jurusan Fisika. Saat ini Fakultas MIPA menyelenggarakan 3 (tiga) program studi S1 yaitu: Kimia, Matematika dan Fisika.

Walaupun FMIPA baru berdiri pada tahun 2014, akan tetapi keberadaan jurusan-jurusan yang ada di FMIPA berdiri sejak tahun 1999 untuk Jurusan Kimia dan Matematika serta tahun 2003 untuk Jurusan Fisika. Pada awal berdirinya, jurusan-jurusan ini berada dalam satu Program Sarjana yaitu Program Sarjana MIPA. Sejak Tahun 2007, Program Sarjana MIPA dihapuskan seiring dengan berdirinya Fakultas Sains dan Teknik. Sementara itu, Jurusan-jurusan yang ada dalam Program Sarjana MIPA menjadi program studi di bawah Jurusan MIPA yang berada dalam Fakultas Sains dan Teknik. Seiring dengan perkembangan Fakultas, pada tahun 2014 FST berubah menjadi 3 fakultas yaitu Faklutas Teknik, Fakultas MIPA dan Fakultas Perikanan dan Kelautan. Pada saat FMIPA terbentuk, program studi-program studi tersebut digabungkan ke dalam FMIPA dan kembali menjadi jurusan. Berdasarkan proses pembentukan fakultas tersebut tentunya capainan kinerja FMIPA saat ini tidak dapat dilepaskan dari proses yang sudah dimulai sejak tahun 1999.

Saat ini Kampus FMIPA berada di Jl Dr Soeparno No 60, Karangwangkal Purwokerto. Sejak berdirinya pada tahun 1999, Pengembangan kampus FMIPA sangat lamban. Hal ini ditunjukkan dengan tidak pernah bertambahnya kampus FMIPA dipurwokerto. Untuk menampung kegiatan belajar dan mengajar FMIPA menggunakan gedung Laboratorium Riset Unsoed yang masih belum digunakan. Terdiri dari tiga ruang kuliah dan dua ruang rapat serta administrasi.

Semua jurusan tergabung dalam Fakultas MIPA saat ini sudah terakreditasi B. Akreditasi ulang akan dilakukan pada tahun 2014 ini. Fakultas terus melakukan upaya sehingga areditasi dari jurusan-jurusan yang tergabung dalam FMIPA meningkat menjadi A.