DISKUSI KAMIS DWI MINGGUAN #5 DARI AA LABO

Tibalah waktunya, Kamis Manis, 9 Maret 2017 bertempat di Ruang Tutorial Jurusan Matematika UNSOED digelar diskusi dwi mingguan AA Labo yang kelima. Kali ini yang tampil sebagai pembicara adalah Bambang Hendriya Guswanto, Ph.D.. Dengan mengangkat topik Kalkulus Fraksional dan Aplikasinya dalam bidang non Matematis, beliau berhasil menghipnotis seluruh peserta untuk terus fokus pada materi yang disajikannya.

Ini adalah kali pertamanya diskusi AA Labo dihadiri tidak hanya oleh dosen, tetapi juga mahasiswa. Lebih dari lima belas mahasiswa turut menyimak gelaran kali ini, mulai dari mahasiswa 2013 sampai 2015. Kehadiran para mahasiswa setidaknya dapat menjadi penanda bahwa iklim akademik tumbuh semakin subur.

Topik yang disampaikan pada gelaran kali ini merupakan pengantar hasil peneltian yang dilakukan oleh Bambang Hendriya Guswanto, Ph.D. selama menempuh jenjang S3 di Osaka University, di bawah bimbingan matematikawan Jepang, Prof. Takashi Suzuki.

Dalam penjelasannya, pembicara mengungkapkan tentang konsep dasar Kalkulus Fraksional dan aplikasinya dalam masalah yang terkait dengan material viskoelastis, proses difusi, dan kemotaksis. Dalam kesempatan ini, beliau juga mengutarakan bahwa empat orang mahasiswa telah lulus menjadi sarjana Matematika dengan mengambil tugas akhir pada bidang Kalkulus Fraksional di bawah bimbingannya. Saat ini masih ada satu mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dalam bidang ini.

Setidaknya, gelaran ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan topik-topik yang dapat diambil sebagai materi tugas akhir bagi para mahasiswa Prodi Matematika. Harapannya, dari para mahasiswa yang hadir atau yang tidak sempat hadir menjadi mempunyai wawasan dan tertarik untuk menggeluti Kalkulus Fraksional dalam tugas akhirnya.

Agenda awalnya, pembicara hanya akan menyampaikan materi dalam satu sesi pertemuan. Namun, banyaknya pertanyaan di sela-sela pembahasan membuat alokasi waktu menjadi tidak mencukupi. Oleh karena itu, pada dua minggu ke depan pembicara akan tampil kembali meneruskan bahasannya.

Melalui tulisan ini pula, Dr. Idha Sihwaningrum sebagai Kepala Analysis and Algebra Laboratory (AA Labo) kembali mengundang para dosen yang tergabung dalam AA Labo, para dosen dari laboratorium penelitian lainnya, serta para mahasiswa untuk kembali hadir dalam Diskusi Dwi Mingguan AA Labo #6, Kamis Maju Terus Pantang Menyerah! (AP)