Peringatan Hari Kartini, DWP UNSOED Kembangkan Potensi Ragam Pengabdian dan Karya

[unsoed.ac.id, Rab, 11/04/18] Memperingati Hari Kartini, sesungguhnya bagi kita semua adalah merenungkan dengan sungguh-sungguh betapa pentingnya peran pendidikan dalam kehidupan. Semangat Raden Ajeng Kartini untuk belajar, pada masa itu adalah keberanian untuk melampaui zamannya. Ketika kaum perempuan pada era tersebut dibatasi peranannya, maka Raden Ajeng Kartini, sepenuhnya menyadari, bahwa kaum perempuan akan dapat berperan dalam banyak hal, ketika wawasannya terbuka, pengetahuannya meluas dan pemahamannya mendalam. Sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan Raden Ajeng Kartini tersebut, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Jenderal Soedirman selenggarakan Peringatan Hari Kartini Ke-139, Rabu (11/4).

Bertempat di Gedung Soemardjito UNSOED, Ketua DWP UNSOED, Ibu Endang Achmad Iqbal dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu peran dari organisasi DWP adalah bagaimana meningkatkan mutu anggotanya, sehingga para istri pegawai tidak saja menjadi pendamping suami, melainkan secara nyata dapat berkontribusi dalam berbagai peranan yang ada. “Untuk meningkatkan mutu anggotanya, maka pengembangan wawasan dan potensi yang dimiliki adalah agenda yang telah disusun dan dilaksanakan oleh DWP, sehingga anggotanya menjadi pribadi-pribadi yang kreatif dan berkemampuan,” jelasnya. Lebih lanjut, beliau mengajak kepada seluruh pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan UNSOED, untuk melanjutkan dan mewujudkan perjuangan Ibu Raden Ajeng Kartini. Tidak ada jalan lain, selain meningkatkan pengetahuan, mengasah kemampuan, memperluas cakrawala pemikiran, sebagai ikhtiar untuk berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara. “Mari kita tunjukkan, bahwa sebagai istri pegawai, kita tidak saja menjadi rekan dan pendamping suami dalam mengabdi kepada negara, melainkan juga kita dapat berperan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan,” tegasnya.

Hadir dalam acara, Rektor UNSOED, Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si menyampaikan bahwa tantangan ke depan  selain upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan kaum perempuan, adalah juga tentang bagaimana meningkatkan kontribusi dan partisipasi kaum perempuan di masyarakat. Untuk itu, ini tentunya menjadi tugas DWP, untuk mengambil peran dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, khususnya istri pegawai di lingkungan UNSOED. “Melalui peningkatan pendidikan, maka tingkat pengetahuan dan keterampilan tentang berbagai hal akan dimiliki dan dikuasai. Kesemua itu, akan membuat  para istri pegawai UNSOED yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan ini akan dapat mengembangkan potensi dirinya, memberikan dukungan bagi suami dan hal yang tidak kalah pentingnya, adalah menjadi sosok inspiratif bagi keluarganya,” ungkapnya.

Peringatan Hari Kartini Ke-139 ini diisi dengan kegiatan transfer ilmu yang bertemakan “Meraih Kebahagiaan Dengan Spiritual Awarness" yang disampaikan oleh Ibu Meti Herawati. Selain itu juga, acara ini diramaikan dengan beberapa kegiatan di antaranya Lomba Ragam Kreasi Pangan Berbasis Ubi Jalar dan Pembagian Dana Orang Tua Asuh (OTA) serta Pembagian Doorprize. Dalam kesempatan tersebut, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Ragam Kreasi Pangan Berbasis Ubi Jalar yang disusul oleh Fakultas Biologi sebagai Juara 2 dan Juara 3 ditempati oleh Fakultas Pertanian.

Dalam kegiatan Peringatan Hari Kartini Ke-139 ini sebagai panitia adalah anggota DWP Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNSOED yang diketuai oleh Ibu Siti Nur Aeni Sunardi. DWP FMIPA berkesempatan menampilkan Tim Paduan Suara dan menyanyikan dua buah lagu yaitu lagu Jagalah Hatimu yang dipopulerkan oleh Band Tanah Air yaitu Seventeen dan lagu kedua yaitu lagu Goyang Dumang yang dipopulerkan oleh Cita Citata. Para hadirin sangat mengapresiasi penampilan Paduan Suara DWP FMIPA UNSOED.

Majulah Kartini- Kartini UNSOED...Jayalah terus Indonesia...!!!

Habis Gelap Terbitlah Terang...

(by:Abimanyu-Umi)