"ANALISA FOTOGRAFI UNTUK WEBSITE" Sebuah Pelatihan untukPengelola Website Unit

Kamis, 19 April 2018 bertempat di Ruang Rapat lantai 1 Gedung Rektorat UNSOED telah diselenggarakan pelatihan untuk para pengelola website di unit UNSOED dengan tema: "Analisa Fotografi untuk Website". Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Universitas Jenderal Soedirman dalam rangka membekali pengelola website UNSOED dalam bidang pengetahuan dan pemahaman mendasar tentang fungsi dan makna foto dalam sebuah website.

Ibu Dian Bestari Santi Rahayu, M.IKom sebagai narasumber materi 1 mengangkat tema:"Imaji Institusi Melalui Website". Menekan kan pada peran Public Relation dalam sebuah website, PR memiliki tiga fungsi yaitu fungsi manajemen, fungsi komunikasi dan fungsi opini publik. Dan ketiga fungsi inilah yang memiliki peranan penting dalam membentuk positive opinion sebuah website.

Bapak Tri Nugroho Adi, M.Si. sebagai narasumber yang ke dua mengangkat tema:"Foto Sebagai Pesan Visual", beliau menyampaikan tentang pentingnya sebuah foto dalam website yang tidak sekedar taking picture namun harus making picture. Dengan rumus kiri bawah dan kanan atas sebagai rumus pengambilan foto dan  melalui konsep titik fokus sebagai esensi objek untuk tetap menekankan lead foto dalam website. Tetap terdapat unsur konotasi atau denotasi dalam sebuah foto. Dan interaksi subjek akan sangat membantu kita menciptakan foto yang bagus.

Bapak Petrus Imam Prawotojati, M.IKom sebagai narasumber ke tiga mengangkat materi dengan tema:" Produksi Foto untuk Website", kali ini narasumber mengajak peserta untuk bagaimana kita sebagai pengelola website dapat menghasilkan foto yang memiliki unsur: news values, spot foto, general news foto, people in the news foto, daily life foto, potrait, sport foto, science foto, art and culture foto yang tetap memiliki story telling. Dan tidak lupa pentingnya lighting dan pemahaman kita tentang kapasitas kamera itu sendiri.

Foto yang bagus bukanlah foto dua dimensi tanpa menceritakan apapun di dalamnya seperti ketika kita pasfoto untuk ijazah kita atau KTP kita, tapi foto yang dengan kita melihatnya ada cerita dalam foto tersebut yang menarik untuk kita ceritakan...story telling.

Semangat terus para pengelola website...dengan foto mari kita bercerita...BRAVO FMIPA!!!