Abu Ampas Sagu Sebagai Penyerap Gelombang Micro Oleh Prof. Dr. Eng. Aripin

Kuliah Tamu Fisika: Pemanfaatan Abu Ampas Sagu sebagai Material Penyerap Gelombang Mikro Pengganti Silika Komersial

Mengakhiri masa perkuliahan semester genap tahun akademik 2017/ 2018 Jurusan Fisika kembali menyelenggarakan kuliah tamu sebagai agenda rutin semesteran.  Bertempat di ruang kuliah A1-1 pada hari Rabu,  9 Mei 2018 Jurusan Fisika menghadirkan Prof. Dr. Eng. Aripin dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  Universitas Siliwangi Tasikmalaya dengan kajian Fisika Material Keramik. 

Rangkaian acara kuliah tamu diawali dengan tiga presentasi mahasiswa dengan topik riset geofisika, fisika material dan fisika medis. Adalah Dennis Rizky Miloen dengan tema Identifikasi Zona Mineralisasi Base Metal Galena menggunakan Metode Time Domain Induced Polarization (TDIP),  Siti Hardiyati dengan tema Pemodelan Interaksi Fundamental pada Material Sensor Magnetik menggunakan Metode Density Functional Theory dan Durotus Sarofina yang mempresentasikan Simulasi Interaksi Radiasi Gamma dengan Materi Kolimator Radioterapi Co-60. Dimoderatori oleh Dita Saraswati, presentasi diakhiri dengan diskusi ilmiah antara peserta mahasiswa dan para panelis. 

Kuliah tamu sebagai inti acara kali ini mengetengahkan tema Keramik Silica Xerogel dari Abu Ampas Sagu sebagai Material Penyerap Gelombang Micro Pengganti Silica Komersial.  Dimoderatori oleh Dr. Abdullah Nur Aziz, Prof. Aripin memaparkan hasil eksperimennya tentang material penyerap gelombang mikro yang dihasilkan dari ekstraksi limbah sagu. Silica xerogel hasil ekstraksi yang bersifat amorf disintering menghasilkan keramik silika yang potensial sebagai penyerap gelombang mikro. Beberapa parameter fisis yang berkaitan dengan struktur (pori dan densitas) dan sifat gelombang mikro ( permitivitas dielectric, tangent loss dan reflection loss dengan beberapa metode, yaitu: XRD, Raman spectroscopy, SEM, DSC, TGA, dan nitrogen adsorption-desorption untuk memvalidasi potensinya. Kedepannya hasil riset ini akan dimanfaatkan sebagai membran untuk memisahkan nira dari air pada proses pembuatan gula kelapa. Dihadiri oleh 71 mahasiswa, 12 dosen dan 3 pranata laboratorium pendidikan, acara kuliah tamu ini ditutup dengan diskusi, tanya jawab dan pemberian motivasi oleh nara sumber. 
#ZI