Kuliah Umum Mahasiswa Kimia "Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium"

Kuliah umum dengan topik  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Laboratorium yang diselanggarakan oleh Jurusan Kimia FMIPA Unsoed pada hari Kamis tanggal 3 Mei 2018, merupakan salah satu program tahunan dalam rangka memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unsoed mengenai bagaimana bekerja secara aman di laboratorium, yang meliputi pencegahan dan penanganan kecelakaan kerja ketika beraktivitas di laboratorium serta bagaimana mengenal  dan menangani bahan-bahan kimia berbahaya. Kegiatan kali ini  dihadiri sekitar 64 orang mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unsoed semester ke IV (angkatan 2016).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unsoed yaitu Dr. Suwandri. Beliau menyampaikan pentingnya penyelenggaran kuliah umum mengenai K3 ini bagi mahasiawa kimia, karena sedikitnya sekitar 25 SKS dari jumlah minimal SKS yang wajib ditempuh mahasiswa (144 SKS) adalah kegiatan praktikum di laboratorium. Kegiatan ini diharapkan memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa kimia, mengenai kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium yang selanjutnya dapat diaplikasikan baik ketika melaksanakan pembelajaran di kampus seperti kegiatan praktikum dan penelitian, maupun ketika memasuki dunia kerja nantinya.

Kuliah umum mengenai K3 ini menghadirkan dua narasumber yang cukup berpengalaman. Narasumber pertama yaitu Indra Aryawirawan, S.Si dari PT Merck Indonesia yang juga merupakan salah satu alumni mahasiswa kimia Unsoed. Beliau menyajikan materi disertai pemutaran video yang menarik mengenai: laboratorium yang aman (safety laboratory), penanganan bahan kimia berbahaya (safe handling of hazardous chemicals), penyimpanan bahan kimia yang aman (safe storage of chemicals) dan aturan dasar di laboratorium (basic rules in laboratory). Sedangkan narasumber kedua adalah Dadan Hermawan, Ph.D, merupakan staf pengajar Jurusan Kimia FMIPA Unsoed yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan FMIPA Unsoed bidang kemahasiswaan dan alumni. Beliau menyajikan materi mengenai: tips aman menggunakan bahan kimia berdasarkan standar OSHA (The Occaputional Safety and Health Administration), mengenal label bahan kimia dan simbol bahaya pada bahan kimia serta klasifikasi limbah kimia menurut peraturan untuk bahan-bahan berbahaya (The Ordinance for Dangerous Goods), Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) dan klasifikasi limbah  menurut Technical Directive for Hazardous Subtances.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari mahasiswa, yang ditunjukkan dengan antusiasnya mahasiswa mengajukan pertanyaan pada kedua narasumber ketika memasuki sesi diskusi atau tanya jawab. Sebagai pelengkap dari kegiatan kuliah umum ini, pada setiap akhir sesi dilakukan post-test pada peserta yang hadir, untuk mengevaluasi tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan oleh kedua narasumber. Sebelum evaluasi, dilakukan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan foto bersama.

Pada tahun mendatang, kegiatan kuliah umum sejenis direncanakan diperuntukkan bagi mahasiswa baru atau tingkat pertama. Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium sedini mungkin, sebelum mereka memasuki laboratorium atau melaksanakan kegiatan praktikum.

(Oleh : Hartiwi)

BRAVO KIMIA...BRAVO FMIPA!!!