SOFTSKILL: Tips dan Strategi Memenangkan Persaingan Kerja dan Kiat Meraih Beasiswa Pasca Sarjana

Jumat, 29 Juni 2018 bertempat di Aula FMIPA UNSOED Subbagian Akademik melangsungkan sebuah acara untuk para calon wisudawan periode wisuda bulan Juli 2018 pada pukul 08.00 WIB.

Pelatihan softskill merupakan acara rutin yang diadakan setiap menjelang kegiatan wisuda, dalam setiap kegiatan ini paling tidak menampilkan dua orang narasumber dari berbagai latar belakang. Kegiatan ini merupakan wadah untuk membangunkan, menggali dan memotivasi potensi dan semangat juang para calon wisudawan sebelum mereka benar-benar menjalani kehidupan setelah dunia kampus S1 berakhir.

Narasumber yang pertama adalah Yusuf Rohman, S.T., salah satu alumni Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman, merupakan Motivator muda yang tidak asing lagi untuk FMIPA, kali ini membawakan materi "Tips dan Strategi Memenangkan Persaingan Kerja". Pada kesempatan ini narasumber berinteraksi dengan para peserta pelatihan dengan beberapa video motivasi dan gambar-gambar kreatif yang mampu memicu daya pikir peserta keluar dari kewajaran atau hal biasa. Salah satu contohnya adalah gambar seekor kura-kura di pantai, peserta diminta untuk menceritakan apa yang dilihatnya dari gambar tersebut, lalu peserta hanya menjawab seekor kura-kura. Lalu muncullah gambar kedua yaitu kura-kura yang ada di lautan, dengan pertanyaan yang sama peserta menjawab, seekor kura-kura. Dengan tersenyum Narasumber mengatakan bahwa "Ayo katakan dengan jelas apa yang kalian lihat, itu tidak hanya seekor kura-kura, gambar pertama mununjukan kura-kura yang berada di pantai, bagaimana orang menilai seekor kura-kura? hewan yang lamban? sangat lambat berjalan?akan kalah jika berlomba jalan cepat dengan manusia, betul, jika kura-kura berada di daratan. Namun mari kita lihat gambar kedua, seekor kura-kura yang berada di lautan, kita bisa melihat bahwa kura-kura sangat pandai berenang bahkan mampu mengalahkan manusia jika berlomba kecepatan berenang". Dari dua buah gambar tersebut kita bisa melihat cerita tersembunyi dibaliknya, pertama kita harus mampu mengenali diri kita, apa yang menjadi keunggulan kita dan apa yang menjadi kelemahan kita. Kedua adalah jangan memaksakan diri dan membuat perusahaan merugi ketika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan keahlian kita. Ketiga jangan ragu untuk mengungkapkan siapa diri kita kepada perusahaan agar perusahaan tidak salah menilai diri kita. Keempat adalah buktikan kepada perusahaan siapa diri kita dengan kinerja.

Narasumber yang kedua adalah Ibu Sri Maryani, Ph.D., salah satu Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNSOED. Pada kesempatan kali ini narasumber membawakan materi Kiat Meraih Beasiswa Pasca Sarjana. Narasumber berinteraksi dengan peserta dengan melemparkan beberapa pertanyaan kepada seluruh peserta mengenai apa yang akan peserta lakukan setelah lulus kuliah sarjana, kemudian terdapat dua macam jawaban yaitu bekerja dan melanjutkan kuliah pasca sarjana jika ada kesempatan. Kemudian Narasumber memaparkan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mereka ingin melanjutkan kuliah pasca sarjana, lalu mencari sponsorship yang akan membiayai kuliah, kemudian tentukan program dan universitas yang akan dituju dan kemudian beasiswa yang banyak ditawarkan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pelatihan softskill sangat bermanfaat bagi para calon wisudawan, mengingat mereka akan berhadapan langsung dengan dunia nyata yang memaksa mereka untuk berjuang, sebagai bekal menghadapi dunia kerja ataupun dunia perkuliahan pascasarjana nanti. Mudah-mudahan bekal ini dapat menambahkan wawasan para calon wisudawan dan mendewasakan mereka dalam menghadapi dunia selanjutnya.

"jangan pernah membuat target seperti pencapaian orang lain, karena pada dasarnya kita berbeda, kenali keunggulan diri dan buat pencapaian sendiri, itulah sukses"

BRAVO FMIPA....!!!!