"SMART IS NOT ENOUGH" Sebuah Workshop oleh Tim BK FMIPA UNSOED

Tim Bimbingan Konseling FMIPA UNSOED pada hari Sabtu, 30 Juni 2018 mengadakan sebuah workshop di Ruang Aula FMIPA dengan tema " SMART IS NOT ENOUGH". Peserta workshop adalah mahasiswa Fakultas MIPA angkatan tahun 2017 dari ketiga jurusan dan sebagai pemateri adalah Ibu Niken Larasati, M.Si., Ibu Dr. Zaroh Irayani, M.Si., dan Ibu Dr. Eva Vaulina, M.Si.

Narkoba Racun Dunia dan Bahaya LGBT salah satu materi yang tidak pernah absen dan selalu menarik untuk dibahas mengingat betapa pentingnya bagi kita untuk mengerti dan menjauhi narkoba dan LGBT, kita sebagai mahluk Tuhan yang beriman sudah menjadi keharusan untuk melaksanakan kewajiban dan menjauhi segala laranganNYa termasuk narkoba dan LGBT. Dengan workshop ini diharapkan memberikan tambahan pengetahuan kepada mahasiswa tentang bahaya narkoba dan LGBT diantaranya yaitu: HIV/AIDS.

Etika Mahasiswa dalam Kehidupan Kampus menjadi materi yang sangat penting mengingat lunturnya nilai-nilai moral mahasiswa dalam kehidupan kampus. Etika mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, membentengi agar tidak melanggar disiplin aturan yang berlaku, memotivasi untuk melakukan perbuatan yang benar dan baik dan menghindar dari perbuatan yang salah dan buruk. Dan Etika meneguhkan hak dan kewajiban seseorang dalam pergaulan sosialnya. Workshop ini mengingatkan kembali kepada mahasiswa yang lupa agar bisa kembali beretika yang baik dan benar dan menjadikan lebih baik lagi mahasiswa yang sudah memiliki etika yang baik. Diharapkan mereka mampu menerapkan etika-etika yang sudah mereka pahami di kehidupan kampus, sehingga tidak perlu terjadi konflik etika di dalam kampus baik antara dosen dan mahasiswa, ataupun mahasiswa dengan civitas akademika.

Peserta duduk melingkar membentuk beberapa lingkaran kecil dalam sebuah ruang, kemungkinan karena terdiri dari tiga jurusan tidak semua mengenal satu sama lain. Materinya adalah Pengembangan Kepribadian, peserta diajak untuk mengeksplorasi tujuan hidup mereka dan menanyakan hal yang sama kepada orang-orang di sebelah mereka tentang tujuan mereka datang dan tujuan hidup mereka, mereka menyimpulkan lalu kemudian mencatatnya dalam selembar kertas. Kesimpulan telah dicatat kemudian sampai manakah pencapaian mereka menuju tujuan hidupnya? Dalam usaha-usaha pencapaian tujuan hidup kita semua harus memiliki hasrat, gairah, antusiasme, semangat yang sangat tinggi dan kreatifitas tanpa henti karena pastilah tujuan hidup kita sangat penting melebihi apapun dan kita wajib mengusahakannya. Kreativitas dan semangat tinggi akan sangat penting dalam misi pencapaian tujuan hidup, seorang yang kreatif dan semangat akan memiliki seribu cara dan memilih satu cara yang paling efektif, efisien namun indah disetiap prosesnya.

Workshop ini sangat penting dan sangat bermanfaat untuk menunjang perkembangan positif mahasiswa dalam kehidupan kampus. Semoga kehidupan kampus FMIPA diperindah dengan mahasiswa yang beretika, bermoral dan berbudi luhur tidak hanya cerdas dan pintar karena "Smart is not Enough".