"PERSONALITY INSIGHT" Sebuah Workshop Kepribadian

Sabtu, 7 Juli 2018 Tim Bimbingan Konseling FMIPA UNSOED mengadakan kegiatan “Workshop Personality Insight: Membingkai Komunikasi yang Efektif” yang dilaksanakan di Aula FMIPA Unsoed. Tim BK Fakultas MIPA menjadi narasumber dalam workshop ini,  Ibu Niken Larasati, M.Si. mewakili Jurusan Matematika, Ibu Dr. Zaroh Irayani, M.Si. mewakili Jurusan Fisika, dan Ibu Dra. Eva Vaulina, M.Si. mewakili Jurusan Kimia. Peserta pada workshop ini berjumlah 30 orang yang merupakan mahasiswa FMIPA angkatan 2016 dari setiap jurusan dan perwakilan dari masing-masing lembaga (HIMA, UKM dan BEM).

Personality atau Kepribadian seseorang merupakan tingkah laku seseorang yang diintegrasikannya atau yang nampak pada orang lain. Tingkah laku tersebut bisa berupa cara berbuat, mengendalikan emosi, mengemukakan pendapat, bergaul, dan menghadapi tantangan. Kepribadian seseorang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dalam kehidupan sehari-hari biasanya seseorang menggunakan tutup muka untuk menutupi kelemahannya. Kepribadian seseorang terbentuk karena adanya faktor keturunan, lingkungan dan situasi yang terjadi.

Psychological First Aid (PFA) merupakan pertolongan pertama dengan memberikan dukungan sosial dan psikologis kepada individu, keluarga atau komunitas lokal. Dukungan tersebut bisa berupa kemampuan mendengarkan dan berempati terhadap perasaan orang lain. Dampak dari masalah mental-emosional.  produktifitasnya menurun, beban psikis dan sosial keluarga dan ancaman terhadap generasi masa depan.

Peserta duduk membentuk huruf U, dengan urutan duduk diacak agar kanan kiri bukanlah orang terdekat.  Peserta diajak untuk menganalisa kepribadian masing-masing dan memahami orang lain. Lalu setiap peserta dikelompokkan sesuai dengan jenis kepribadiannya, agar dapat mengetahui cara bersikap dan berhadapan dengan orang lain. Acara workshop ini dikemas semenarik mungkin agar peserta tertarik dan membangun kesadaran peserta akan personalitynya. Cara ini memberikan pengalaman tersendiri untuk peserta dengan harapan peserta mampu dan mau membuka diri kepada peserta lainnya di depan umum.

Workshop ini sangat bermanfaat bagi para peserta, dengan adanya workshop tentang personality peserta menjadi lebih mengerti akan dirinya dan kepribadiannya, ketika mereka menyadari tentang kelebihan dan kekurangan pada kategori kepribadian tersebut mereka akan lebih mudah mencari solusi dan mempermudah mereka juga untuk bergaul dalam kehidupannya. Masih banyak lagi manfaat dari workshop ini, salah satunya adalah membangun simpati dan empati yang tidak semuanya menyadari bahwa kedua hal ini sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat.(sylvia)