Workshop Pengadaan Barang/Jasa Sesuai PERPRES Nomor 16 Tahun 2018

Banjarnegara, Senin-Rabu 30 Juli- 1 Agustus 2018 bertempat di Hotel Surya Yudha Banjarnegara telah berlangsung kegiatan Workshop Pengadaan Barang/jasa Sesuai PERPRES Nomor 16 Tahun 2018 yang diadakan oleh LPSE. Kegiatan ini diikuti oleh Para Dekan, Para Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan/Sekretaris Lembaga/Sekretaris Badan/Sekretaris SPI/Asisten Direktur II/Wakil Direktur Bidang Keuangan, Pejabat Pengadaan dan satu orang Staf PPK seluruh unit UNSOED.

Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu:

1. Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

2. Perlunya pengaturan yang memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (value for money) dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah serta pembangunan berkelanjutan.

3. Arahan Presiden untuk melakukan deregulasi dan percepatan pembangunan dalam rangka memaksimalkan penyerapan anggaran yang salah satunya terkait peraturan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

4. Keputusan Presiden NO.11 Tahun 2016 Tentang Program Penyusunan Peraturan Presiden Tahun 2016, mengamanatkan Perubahan Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah harus diselesaikan pada tahun 2016

5. Tindak lanjut hasil Rapat Terbatas Kabinet pada 29 Desember 2016 yang membahas mengenai Revisi Peraturan Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Adapun untuk pokok perubahannya adalah struktur lebih sederhana, adanya simplifikasi ( hanya mengatur hal yang bersifat normatif, menghilangkan bagian penjelasan, standar dan prosedur dalam peraturan LKPP dan peraturan Kementian Sektoral terkait) dan Best Practice; menerapkan praktek-praktek dalam melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa.

Pada kegiatan Workshop ini memaparkan mengenai Pengaturan Baru, Perubahan Istilah, Perubahan Definisi, dan Perubahan Pengaturan yang dirangkai dalam rangkaian kegiatan selama 3 (tiga) hari dan menampilkan beberapa Narasumber yaitu Yanuar E. Restianto, S.E.,M.Acc, Ak. CA, CPAI., Drs. Rasyid Mei Mustafa, M.M. Ak. CA., Sumiyanto, S.T., M.T., Misbakhul Munir., S.T., Tunggul Priatmojo, S.E., M.M.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Perekaman Data SIRUP oleh masing-masing peserta secara langsung sampai Verikfikasi oleh Bagian Perencanaan dan dipenghujung kegiatan Bapak Rektor mengumumkan Unit-unit yang telah berhasil melaksanakan perekaman Data SIRUP.