UNSOED Lautan Merah Putih "HARMONI INDONESIA 2018"

Universitas Jenderal Soedirman  ikut berpartisipasi dalam kegiatan “Harmoni Indonesia 2018”, hari Minggu tanggal 5 Agustus 2018. Dengan menyaksikan live streaming yang dipusatkan di Koridor Timur Gelora Bung Karno yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, dan menyanyikan lagu-lagu Nasional sebagai bentuk partisipasi UNSOED dalam gelaran Harmoni Indonesia 2018.

 

Kegiatan Partisipasi UNSOED dalam Harmoni Indonesia 2018 di selenggarakan di Halaman Kantor Pusat Administrasi UNSOED. Kegiatan dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Para Dekan, Para Ketua Lembaga, Para Kepala Biro, para Dosen, Karyawan, Alumni, dan mahasiwa di lingkungan UNSOED dengan memakai seragam kaos olahraga berwarna merah dan training atau celana olahraga berwarna putih yang menjadikan halaman UNSOED pada pagi itu lautan merah putih. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan kemudian dilanjutkan dengan senam bersama yang dipandu oleh tiga orang instruktur senam dengan enam buah lagu dan gerakan senam yang berbeda yang selanjutnya bersama-sama menyanyikan lagu-lagu Nasional.

 

Rektor UNSOED, Prof.Dr.Ir Suwarto MS dalam sambutannya: "Pada bulan Agustus 2018 ini, bangsa kita insya Allah akan memiliki dua event besar dan penting, yakni Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, dan menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. “Kedua momentum tersebut, mengingatkan kita agar sebagai warga bangsa untuk menjunjung tinggi dan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara, di atas kepentingan pribadi dan golongan. Mengingatkan kita akan tanggung jawab merawat ke-Indonesiaan kita, yang berideologikan Pancasila dan bersendikan Bhinneka Tunggal Ika.  Tidak hanya itu, juga sebagai sebuah keharusan pula bagi kita, untuk memuliakan dan menjaga nama baik bangsa dalam kancah pergaulan antarbangsa di dunia”, demikian ungkap Rektor. Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa kegiatan Harmoni Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini, diselenggarakan sebagai ikhtiar untuk merajut dan memperkokoh kebangsaan, khususnya melalui lagu-lagu kebangsaan dan nasional. “Maka UNSOED sebagai elemen warga bangsa sekaligus bagian dari Kemenristekdikti merasa terpanggil dan berkepentingan untuk ambil bagian dalam kegiatan yang pagi ini serentak diselenggarakan se-Indonesia”, Rektor menambahkan. Mengakhiri sambutannya Rektor mengajak para hadirin untuk menggelorakan kecintaan kita terhadap tanah air, bangsa dan negara dalam bingkai kerja keras, kegotongroyongan dan persatuan nasional.

 

Kegiatan Harmoni Indonesia 2018  bertujuan untuk merajut rasa kebangsaan, dan juga dalam rangka menyambut datangnya Hari Kemerdekaan RI ke-73, menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018. Adapun lagu-lagu yang dinyanyikan yaitu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Mars Pancasila, dan Bagimu Negeri.

Jayalah Indonesia..!!!