"Talent Mapping untuk Menemukan Peran dan Pekerjaan" Sebuah Workshop Pembekalan Calon Wisudawan FMIPA

Berita

Pertemuan perdana antara Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unsoed, Bapak Roy Andreas, Ph.D.

Jumat, 18 Januari 2018 bertempat di Aula FMIPA Unsoed, sekitar 60 mahasiswa jurusan Fisika angkatan 2018 dan 11 asisten mahasiswa melafalkan 30 juz ayat suci Al-Qur'an secara serentak.

Selasa, 15 Januari 2018 bertempat di Aula FMIPA Unsoed telah berlangsung Acara Lepas Sambut Para Wakil Dekan FMIPA untuk Masa Jabatan Tahun 2018-2022.

Menandai 3 tahun keberadaan TIM BK FMIPA, sebuah program baru bertajuk Narrative Writing Therapy diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan FMIPA pada hari Sabtu, 08 Desemb

Berbicara di depan publik bukan hal yang mudah, namun peran apapun pasti akan melakukannya.

Pada hari Jumat, 14 September 2018 pukul 08.30 WIB bertempat di Aula FMIPA UNSOED berlangsung sebuah pembekalan calon wisudawan FMIPA. Sebanyak 43 (empat puluh tiga) lulusan Sarjana Sains dan Sarjana Matematika. Sebanyak 27(dua puluh tujuh) lulusan dari Jurusan Kimia, sebanyak 11 (sebelas) lulusan Jurusan Fisika dan 5 (Lima) lulusan jurusan Matematika  mengikuti kegitan ini. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Yusuf Rohman, S.T. dengan  tema "Talent Mapping untuk Menemukan Peran dan Pekerjaan".

Dengan menampilkan Les Wexner sebagai sukses story, Narasumber memperlihatkan perjalan karir dari seorang LeS Wexner yang merupakan salah satu "New Champs of Retailing" menurut Fortune. Tokoh yang diangkat selanjutnya adalah Donald O. Clifton, Ph.D. sebagai tokoh sejarah kekuatan dibalik manajemen sumber daya manusia, Pimpinan GALLUP Global Research. Riset lintas Industri pertama dan terbesar di dunia pengembangan sumber daya manusia yang menyelidiki hubungan antara pendapat karyawan dan kinerja/ prestasi unit usaha.

Narasumber mengajak peserta kegiatan untuk menggali potensi mereka, mengetahui lebih detil kemampuan mereka, kelebihan masing-masing peserta dan kekurangan yang mereka miliki agar mereka lebih siap menghadapi dunia pasca wisuda. Setelah mendefinisikan diri sendiri, peserta diajak untuk merancang pekerjaan seperti apa yang cocok dan sesuai untuk diri mereka dengan bekal ilmu pengetahuan dan keahlian serta kekurangan yang telah mereka definisikan.

Narasumber memberikan gambaran untuk Mengenal Fitur Diri Menemukan Misi Hidup kepada peserta, menggali lebih dalam lagi siapa diri masing-masing peserta, bagaimana kepribadian mereka, bagaimana mereka dengan lingkungannya, bagaimana sikap mereka dengan orang lain, bagaiman kekurangan mereka sehingga akan menuntun peserta menuju talent mapping sesuai karakter peserta. Peserta diajak untuk memahami diri sendiri sehingga mereka mengerti dengan kelebihan yang mereka miliki dan kekurangan yang menyertai  mereka, mereka terus bergerak maju untuk menyongsong masa depan.

Fokus pada Kelebihan, Siasati KETERBATASAN.

Amazing FMIPA!!!