"Berburu Beasiswa S2 Luar Negeri" sebuah Kiat dan Strategi untuk Softskill Wisudawan FMIPA

Dr. Santi Nur Handayani salah satu Dosen Jurusan Kimia FMIPA UNSOED sebagai Narasumber memaparkan sebuah materi dengan tema "Kiat dan Strategi Mendapatkan Beasiswa" dalam kegiatan Softskill Wisudawan FMIPA pada hari Jumat, 14 September 2018 pukul 10.00 WIB. Sebanyak 43 (empat puluh tiga)  calon wisudawan diantaranya 27(dua puluh tujuh) lulusan dari Jurusan Kimia,  11 (sebelas) lulusan Jurusan Fisika dan 5 (Lima) lulusan jurusan Matematika  mengikuti kegitan ini.

Softskill merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Bagian Kemahasiswaan FMIPA UNSOED dalam rangka membekali calon wisudawan sebelum mereka menempuh kehidupan selanjutnya, baik dunia kerja maupun jenjang pendidikan lebih tinggi. Narasumber mengangkat tema "Kiat dan Strategi Mendapatkan Beasiswa" . Narasumber berinteraksi dengan peserta dengan melemparkan beberapa pertanyaan kepada seluruh peserta mengenai apa yang akan peserta lakukan setelah lulus kuliah sarjana, kemudian terdapat dua macam jawaban yaitu bekerja dan melanjutkan kuliah pasca sarjana jika ada kesempatan. Kemudian Narasumber memaparkan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mereka ingin melanjutkan kuliah pasca sarjana, lalu mencari sponsorship yang akan membiayai kuliah, kemudian tentukan program dan universitas yang akan dituju dan kemudian beasiswa yang banyak ditawarkan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Negara-negara yang tergolong rajin memberikan beasiswa untuk orang Indonesia adalah: Jepang, Australia, Inggris, USA, New Zealand, Jerman, dll. Sedangkan untuk beasiswa dalam negeri yaitu PMDSU, LPDP, dll. Adapun untuk kiat-kiat mendapatkan beasiswa adalah:

  1.  Niat dan keinginan kuat
  2. Bersemangat mencari informasi
  3. Senang traveling dan mencoba pengalaman baru,
  4. Jaringan sosial dan akses informasi yang luas
  5. Prestasi akademik
  6. Kemampuan Bahasa
  7. Lebih baik lagi menguasai lebih dari satu bahasa asing
  8. Persiapkan dokumen lengkap
  9. Persiapan Proposal Studi/Riset
  10. Pemberi Rekomendasi yang meyakinkan
  11. Tepat dalam membidik program dan issue yang akan ditekuni
  12. Pantang Menyerah.
  13. Berdoa

Pelatihan softskill sangat bermanfaat bagi para calon wisudawan, mengingat mereka akan berhadapan langsung dengan dunia nyata yang memaksa mereka untuk berjuang, sebagai bekal menghadapi dunia kerja ataupun dunia perkuliahan pascasarjana nanti. Mudah-mudahan bekal ini dapat menambahkan wawasan para calon wisudawan dan mendewasakan mereka dalam menghadapi dunia selanjutnya.