SENAMANTRA 2018 "Mathematics in Teory and Applications to Nature"

Sabtu, 15 September 2018 bertempat di Aula FMIPA UNSOED telah berlangsung kegiatan Seminar Nasional Matematika dan Terapannya (SENAMANTRA 2018) oleh Jurusan Matematika FMIPA UNSOED. Kegiatan dihadiri oleh Rektor Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. sekaligus membuka acara, Dekan FMIPA, Drs. Sunardi, M.Si., Empat orang Narasumber Utama yaitu Dr. Miho Murata dari Kanagawa University (Jepang), Dr. Yutoh Imai dari Tokyo Metropolitan University (Jepang), Dr.Idha Sihwaningrum dari FMIPA UNSOED (Purwokerto) dan Budi Pratikno, Ph.D. FMIPA UNSOED (Purwokerto).

Kegiatan SENAMANTRA 2018 diikuti oleh 17 Institusi, 39 (tiga puluh sembilan) makalah dengan total peserta 108 orang. Peserta SENAMANTRA 2018 berasal dari Universitas Mulawarman ( Samarinda), Sekolah Tinggi Teknik Qomarrudin (Gresik), UGM, UII, UIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta), UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Islam Bandung, SMA Negeri 1 Lembang (Bandung), STMIK IKMI (Cirebon), Universitas Islam As Syafiiyah (Jakarta), Universitas Muhammadiyag (Tangerang), UMP, UNU, STMIK AMIKOM, SMAIT Al- Irsyad (Purwokerto, dan UNUGHA (Cilacap).

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta, yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Rektor Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S., dan menghadirkan Tari Saman dari Teater Receh salah satu UKM di FMIPA UNSOED, kemudian dilanjutkan dengan acara inti. Acara dibagi menjadi dua sesi yaitu Sesi Pleno dan Sesi Paralel. Sesi Pleno bertempat di Ruang Aula FMIPA UNSOED bersama empat narasumber utama. Sesi Paralel dilaksanakan di Gedung B dengan lima bidang yaitu:

  1. Bidang Aljabar, Analisis dan Komputasi
  2. Bidang Matematika Terapan A
  3. Bidang Matematika Terapan B
  4. Bidang Pendidikan Matematika
  5. Bidang Statistika.

Dalam sambutan Ketua Panitia menyampaikan bahwa "Sebagaimana seminar, selalu ada tema yang menyertainya. Seminar ini mengusung tema "Mathematics in Teory and Applications to Nature" . Maksud dilaksanakannya seminar ini adalah untuk membuka wawasan dan membekali mahasiswa, guru, dan dosen dengan teori-teori matematika dan mencoba mendekatkan teori tersebut dengan fenomena sehari-hari yang kita hadapi. Dengan demikian, matematika akan menjadi pemecah masalah nyata manusia.

"Matematika adalah queen sekaligus servant"