Tari Saman Pembuka SENAMANTRA 2018

Berita

Pertemuan perdana antara Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unsoed, Bapak Roy Andreas, Ph.D.

Jumat, 18 Januari 2018 bertempat di Aula FMIPA Unsoed, sekitar 60 mahasiswa jurusan Fisika angkatan 2018 dan 11 asisten mahasiswa melafalkan 30 juz ayat suci Al-Qur'an secara serentak.

Selasa, 15 Januari 2018 bertempat di Aula FMIPA Unsoed telah berlangsung Acara Lepas Sambut Para Wakil Dekan FMIPA untuk Masa Jabatan Tahun 2018-2022.

Menandai 3 tahun keberadaan TIM BK FMIPA, sebuah program baru bertajuk Narrative Writing Therapy diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan FMIPA pada hari Sabtu, 08 Desemb

Berbicara di depan publik bukan hal yang mudah, namun peran apapun pasti akan melakukannya.

Pembukaan kegiatan SENAMANTRA 2018 yang diadakan oleh Jurusan FMIPA UNSOED pada hari Jumat, 15 September 2018 menampilkan Tari Saman oleh anak-anak Teater Receh. Teater Receh merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa FMIPA UNSOED yang diketuai oleh Al Fatah Hidayat salah satu mahasiswa Jurusan Matematika Tahun Angkatan 2015.

Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011. Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.