Kunjungan SMAIT BOARDING AL IRSYAD PURWOKERTO Ke Laboratorium Kimia Dasar FMIPA

Senin, 1 Oktober 2018 berlangsung kegiatan Praktikum Kimia di Laboratorium Kimia Dasar FMIPA UNSOED dengan peserta dari SMAIT BOARDING AL IRSYAD PURWOKERTO. Sebagai Kepala Laboratorium Kimia Dasar adalah Bapak Dwi Kartika M.Si., Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) adalah Ibu Yus Chandrawati dengan didampingi 8 (delapan) Asisten  Mahasiswa yaitu: Della Nadia Ayu, Wahyudi, Dhea, Kenita Dwi, Febi Wulandari, Alestia Fitrika, Doni Eko P, Wandila Dwi P. Sebanyak 101 (seratus satu) siswa SMAIT BOARDING AL IRSYAD PURWOKERTO mengikuti Kegiatan Kunjungan Laboratorium ini, 46 (empat puluh enam) diantaranya adalah siswa laki-laki dan 55 (lima puluh lima) adalah siswa perempuan. Peserta merupakan siswa kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas).

Peserta dibagi menjadi delapan kelompok dengan satu orang asisten praktikum bertugas memandu kegiatan praktikum. Setiap kelompok melakukan dua macam percobaan yaitu Percobaan 1: Penentuan Kelarutan dan Berat Jenis Zat, Percobaan Ke 2: Identifikasi Kation dan Anion. Percobaan 1 bertujuan bagar siswa memahami sifat fisik zat padat dan zat cair, dan mampu menentukan kelarutan zat serta berat jenisnya. Percobaan 2 bertujuan agar siswa dapat mengidentifikasi logam dengan reaksi nyala (reaksi kering), dan identifikasi kation anion dengan reaksi basah.

Kunjungan Siswa SMAIT BOARDING AL IRSYAD PURWOKERTO merupakan bentuk kerjasama FMIPA dengan Instansi Luar, selain memperkenalkan FMIPA khususnya KIMIA kepada para siswa agar siswa tertarik dengan melakukan percobaan-percobaan kimia yang dipimpin Kepala Laboratorium juga sebagai ajang promosi Fakultas kepada Sekolah Menengah Atas yang siap melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi.

BRAVO FMIPA!!!

JAYALAH UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN....!