"Peran Big Data Analysis dalam Era Revolusi Industri 4.0" Sebuah Kuliah Umum oleh Prof. Dr. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A

Senin, 12 November 2018 bertempat di Aula FMIPA Unsoed telah berlangsung sebuah kuliah umum yang diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA Unsoed. Tema yang diangkat adalah :"Peran Big Data Analysis dalam Era Revolusi Industri 4.0" dengan narasumber Prof. Dr. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A. Salah satu profesor termuda Indonesia yang meraih gelar profesornya pada usia 39 tahun.

Kegiatan Kuliah Umum dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA Unsoed, Drs. Sunardi, M.Si, para wakil dekan dan seluruh Dosen Jurusan Matematika FMIPA Unsoed. Beberapa Tamu Undangan dari Perwakilan Perguruan Tinggi di Wilayah Banyumas dan Sekitarnya, dan sebagai peserta kuliah umum adalah mahasiswa Jurusan Matematika. Dengan dimoderatori oleh Bapak Nurul Hidayat, M.Kom. salah satu Dosen Fakultas Teknik Unsoed.

Bapak Prof. Dr. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A. sebagai narasumber memulai kuliah umum ini dengan cara yang sangat menarik, berbeda dengan kuliah umum pada umumnya. Sebagai Pree test untuk materi "Peran Big Data Analysis dalam Era Revolusi Industri 4.0", peserta dan tamu undangan diajak untuk mengikuti sebuah kuis online seperti kuis Siapa Berani yang tayang di salah satu televisi swasta Indonesia.

Peserta masuk dalam program online "Kahoot" yang kemudian diberikan sandi untuk masuk oleh narasumber, dalam kuis ini terdapat 10 pertanyaan yang terpampang dalam layar proyektor, namun yang tertera pada handphone peserta adalah pilihan jawabannya saja. Pertanyaan kuis seputar Big Data Analysis 4.0. Setiap pertanyaan memiliki waktu yang terbatas, hal ini akan menunjukan seberapa jauh pengetahuan peserta akan Big Data Analysis 4.0. Dari Kahoot ini lah Big Data diperoleh, sejumlah data mengenai nama peserta, benar atau salah jawaban, lama waktu mengerjakan, dan ranking peserta setelah mengikuti kuis. Secara langsung Prof. Dr. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A. memperkenalkan apa itu Big Data Analysis 4.0. tanpa peserta sadari pada awalnya.

Prof. Dr. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A. menjadi narasumber yang luar biasa, peserta mampu mengikuti kuliah umum dengan penuh semangat,  tak jarang diselingi gelak tawa dan riuh peserta akan pengetahuan baru dengan penyampaian berbeda namun syarat akan isi dan pengetahuan.

Sukses Selalu Prof. Dr. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., Terimakasih Kami tak cukup akan Kuliah yang Luar Biasa ini.

 

Tags: