Narrative Writing Theraphy: Mengelola Resah Menjadi Tulisan Inspiratif

Berita

Pertemuan perdana antara Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unsoed, Bapak Roy Andreas, Ph.D.

Jumat, 18 Januari 2018 bertempat di Aula FMIPA Unsoed, sekitar 60 mahasiswa jurusan Fisika angkatan 2018 dan 11 asisten mahasiswa melafalkan 30 juz ayat suci Al-Qur'an secara serentak.

Selasa, 15 Januari 2018 bertempat di Aula FMIPA Unsoed telah berlangsung Acara Lepas Sambut Para Wakil Dekan FMIPA untuk Masa Jabatan Tahun 2018-2022.

Menandai 3 tahun keberadaan TIM BK FMIPA, sebuah program baru bertajuk Narrative Writing Therapy diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan FMIPA pada hari Sabtu, 08 Desemb

Berbicara di depan publik bukan hal yang mudah, namun peran apapun pasti akan melakukannya.

Menandai 3 tahun keberadaan TIM BK FMIPA, sebuah program baru bertajuk Narrative Writing Therapy diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan FMIPA pada hari Sabtu, 08 Desember 2018. Program workshop ini merupakan program terakhir dari 4 program unggulan TIM BK yang diselenggarakan pada tahun 2018, selain workshop Personality Insight, Smart is not Enough dan Public Speaking.

 

Acara yang diinisiasi oleh Eva Vaulina Y.D., M.Si, anggota TIM BK FMIPA UNSOED yang juga seorang professional Counselor dan Dosen FMIPA ini diikuti oleh mahasiswa dengan berbagai latar belakang kondisi psikologi, terutama tipe mahasiswa yang sulit berkomunikasi dengan dunia luar. Melalui program ini mahasiswa yang semula memiliki permasalahan dengan kejadian masa lalu yang tidak menyenangkan dan sulit dilupakan berhasil mengelolanya menjadi tulisan yang inspiratif. Tentu saja, kejadian yang semula ingin dilupa berubah menjadi kejadian yang ingin dikenang.

 

Mahasiswa memperoleh banyak manfaat dengan mengikuti program ini, selain mampu merelease emosi negatif, mahasiswa juga memiliki pengalaman dalam mengontrol emosi diri, melakukan terapi mandiri, senantiasa berfikir positif, melatih empati dan bisa berdamai dengan masa lalu dan situasi yang sulit. Keseluruhan peserta berharap program ini dapat dilaksanakan pada tahun mendatang. Inspiratif! (ZI)