Yang Baru dari Matematika "Keris Ringan"

Mengawali adalah pekerjaan yang membutuhkan energi besar. Namun, berkat kesadaran dan kesungguhan pekerjaan mengawali akhirnya dapat terlaksana. Dengan bertempat di Laboratorium Statistika, Jurusan Matematika pada hari Kamis, 15 Desember 2016, pukul 13.00 – 14.00, tiga orang periset yang tergabung dalam Kelompok Riset Teori Bilangan (kami menyebutnya: Keris Ringan) telah mengambil start untuk konsisten dan kontinu mendiskusikan artikel-artikel terbaru dalam kajian Teori Bilangan.

 

Agus Sugandha, M.Si. sebagai ketua Keris Ringan mengawali kegiatan diskusi dengan mempresentasikan artikel tentang Persamaan Diophantin. Dari paparannya yang disimak oleh dua dosen lainnya (Agung Prabowo, M.Si. dan Agustini Tripena, M.Si.) setidaknya dimungkinkan untuk diperoleh tiga artikel baru sebagai pengembangan dari artikel yang dipresentasikan.

 

Tentunya menjadi tugas berat menulis sebuah artikel. Namun, dengan kekuatan komitmen, kesamaan visi dan tujuan, serta sikap saling mendukung dan menguatkan mudah-mudahan kegiatan memproduksi artikel dapat dilakukan dengan mulus.

 

Pertemuan berikutnya digagas rutin tiap minggu, dan untuk minggu depan dilaksanakan hari Selasa, 20 Desember 2016, pukul 10.00 – 11.30. Akan tampil sebagai pengulas artikel adalah Agung Prabowo, M.Si dengan paparan tentang Bilangan Fibonacci. Kami mengundang pada dosen Matematika untuk bersedia terlibat dalam kegiatan ini. Berbagi ilmu. –Suci Rahayu-