DISKUSI MINGGUAN KEDUA DARI KERIS RINGAN

Keris Ringan (Kelompok Riset Teori Bilangan) kembali menggelar diskusi mingguan. Hari ini, Selasa 21 Desember 2016, Agung Prabowo tampil sebagai pembedah atas sebuah artikel yang ditulis oleh Kritsana Sokhuma dan diterbitkanj dalam jurnal terindeks scopus “Applied Mathematical Sciences” Vol. 7, No. 142, Tahun 2013, p. 7093 – 7096.

Artikel dengan judul “Matrices Formula for Padovan and Perrin Sequences” menyajikan pembuktian secara induksi dari suatu matrik yang dapat menghasilkan bilangan Padovan dan Perrin secara bersamaan. Hadir dalam diskusi ini adalah ketiga periset Keris Ringan, serta dihadiri oleh Bambang Hendriya Guswanto, Ph.D. yang tidak lain adalah Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA, sekaligus direktur dan periset pada KAGAMI (Kappa Gamma Mathematical Institute). Masukan-masukan dari Bambang H. G., Ph.D. memungkinkan pengembangan lebih lanjut artikel tersebut menjadi beberapa artikel baru.

Dalam pemaparannya, Agung Prabowo menjelaskan perolehan suku-suku berikutnya dari kedua barisan bilangan tersebut yang diperoleh dengan rumus rekursif yang sama, memungkinkan dimilikinya bentuk matrik tunggal yang dapat digunakan untuk membangkitkan bilangan Padovan dan Perrini. Tiga suku pertama dari barisan bilangan Padovan adalah 0, 0, 1 dan untuk barisan bilangan Perrin adalah 3, 0, 2. Suku keempat diperoleh dari penjumlahan dua bilangan yang pertama. Suku kelima diperoleh dari penjumlahan bilangan kedua dan ketiga. Begitu seterusnya. Bahkan tanggal hari ini yaitu 2012 dapat dibentuk menjadi barisan bilangan 2, 0, 1, 2, 1, 3, 3, 4, 6, 7, 10, 13, 17, …. dengan menggunakan aturan yang sama dalam pembentukan barisan bilangan Padovan dan Perrin.

Beberapa hasil menarik lainnya juga dipaparkan oleh Agung Prabowo dan mendapat apresiasi serta masukan dari seluruh peserta. Diskusi mingguan Keris Ringan terbuka bagi seluruh dosen dan mahasiswa matematika. Sayangnya, dalam penyelenggaraan kali ini belum ada mahasiswa yang menghadirinya.

Diskusi Keris Ringan untuk dua minggu ke depan dihentikan sementara terkait dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester. –Suci Rahayu-