Bedah Jurnal Fisika diadakan pada hari Minggu, 12 September 2021. Acara dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB. Rangkaian acara ini diawali dengan pembukaan dari MC dan dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Ketua Pelaksana Bedah Jurnal Fisika yaitu Inggit Anggraeni mahasiswa Fisika 2019, sambutan kedua dari Ketua Umum Himafi yaitu Niken Kumala Jati mahasiswa Fisika 2019 dan sambutan terakhir dari Ketua Jurusan Fisika FMIPA Unsoed yaitu Bapak Wahyu Tri Cahyanto, Ph.D.
Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh Ibu Dr. Kartika Sari, S.Si., M.Si. selaku dosen Fisika FMIPA Unsoed yang dipandu oleh Moderator yaitu Ranti Dwi Selvia mahasiswa Fisika 2020. Materi yang disampaikan oleh Ibu Dr. Kartika Sari, S.Si., M.Si. berupa ide, topik, proses penulisan, dan publikasi jurnal yang berjudul “Trik-Trik Menggali Ide dan Menulis Makalah dengan Benar”. Setelah pemaparan materi oleh Ibu Kartika, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
Salah satu kutipan yang beliau ambil yaitu “Awalilah menulis dengan hati setelah itu perbaiki tulisan dengan pikiran. Kunci pertama menulis adalah bukan pikiran, melainkan mengungkap apa saja yang dirasakan” (William Forrester).
Acara selanjutnya yaitu kuis, yang mana audiens menjawab pertanyaan yang disiapkan oleh panitia melalui Quizizz. Ada 3 audiens yang menjawab dan berhak untuk mendapatkan doorprize.
Selanjutnya yaitu penyerahan e-sertifikat untuk Ibu Kartika selaku Pemateri dan Saudari Ranti selaku Moderator. Sebelum ditutup adapun foto bersama untuk dokumentasi. Kemudian acara ditutup oleh MC.

image: