Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universita Jendral Soedirman tahun 2021 dilaksanakan melalui platform zoom dan LMS Eldiru pada hari kamis-jumat, tanggal 12-13 Agustus 2021. Pada Kamis, 12 Agustus 2021 pada pukul 08.00 WIB, Lujeng Wibowo dan Mita Puspita Nilawati, S.H.,M.H selaku Master of Ceremony membacakan susunan acara PKKMB 2021. Kegiatan PKKMB hari pertama diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, laporan Ketua Panitia, Sambutan Dekan FMIPA UNSOED, Bidang Akademik, Pusat Informasi Ilmiah Fakultas (PII), Bidang Umum dan Keuangan, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Konseling/BK, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas, dan BEM Fakultas.

Pertama laporan Ketua Panitia oleh Wihantoro, M.Sc. Beliau mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru FMIPA UNSOED 2021. Tujuan PKKMB FMIPA UNSOED 2021 untuk memperkenalkan kehidupan kampus baik akademik maupun non-akademik. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari yang diikuti oleh 258 mahasiswa baru yang terdiri dari 88 mahasiswa Jurusan Matematika, 86 mahasiswa Jurusan Fisika dan 84 mahasiswa Jurusan Kimia. Mahasiswa baru FMIPA UNSOED 2021 terdapat 4 Jalur penerimaan  yaitu melalui SBMPTN, SNMPTN, Mandiri dan ADIk. Distribusi asal mahasiswa baru terdiri dari 0,39% Purwokerto, 5,43% luar Jawa, 21,32% Banyumas dan 40,31% luar Jawa Tengah.

Sambutan Dekan FMIPA UNSOED, Drs. Sunardi, M.Si menyampaikan  selamat datang dan selamat bergabung di UNSOED kepada mahasiswa baru, di masa pandemi walaupun belum bisa bertatap muka secara langsung semoga tidak mengurangi semangat. Beliau membuka acara PKKMB FMIPA UNSOED 2021, menyampaikan visi dan misi FMIPA yang menjadi panduan dalam menjalankan seluruh kegiatan di kampus. Beliau menjelaskan tentang struktur organisasi di FMIPA.

Wakil Dekan I Bidang Akademik, Prof Dr.-Ing R. Wahyu Widanarto menyampaikan tentang struktur organisasi dan tata kelola FMIPA, profil akademik dosen, profil jabatan akademik dosen, pengembangan kurikulum untuk mendukung MBKM, kegitan akademik, bentuk pembelajaran di luar kampus dan pembelajaran daring. Beliau menyampaikan profil mahasiswa FMIPA, untuk tahun 2021 FMIPA UNSOED menerima 258 mahasiswa yang terbagi dalam Jurusan Matematika 88 orang, Jurusan Fisika 86 orang dan Jurusan Kimia 84 orang.

Pemaparan PII oleh Dr. Mashuri, menjelaskan tentang PII yang lebih dikenal dengan perpustakaan, keberadaan ruangan, koleksi, layanan perpustakaan, cara menjadi anggota, waktu layanan, tata tertib pengunjung, ketentuan peminjaman dan alur penimjaman serta pengembalian buku. Selanjutnya Wakil Dekan II Bidang Umum dan keuangan, Dr. Suwandri, M.Si menyampaikan tentang rincian tugas berdasarkan SK Rektor Unsoed terkait melaksanaka tugas, monitoring dan melaporkan seluruh kegiatan.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Roy Andreas, Ph.D dalam kesempatan ini menyampaikan tentang tugas untuk memfasilitasi kegitan mahasiswa non akademik, mengkoordinir alumni FMIPA dan mengembangkan kerjasama dari pihak luar fakultas. Beliau juga menyampaikan informasi tentang organisasi kemahasiswaan, beasiswa, kompetisi Kemendikbud, alumni dan kerjasama. Kemudian dilanjutkan pemaparan dari Tim BK FMIPA yang diwakili oleh Sugito, M.Si. Beliau menyampaikan tentang tim BK sebagai sahabat mahasiswa, tugas dan wewenang tim BK, program kerja dan cara menghubungi Tim BK FMIPA. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari BNN Kab. Banyumas tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. BEM FMIPA juga mengisi pada hari pertama tentang pengenalan kehidupan mahasiswa di kampus.

Hari kedua PKKMB, mahasiswa baru dibagi ke dalam breakout room zoom sesuai dengan jurusan masing-masing untuk mengetahui profil akademik jurusan yang disampaikan oleh Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan FMIPA UNSOED. Dilanjutkan dengan pengisian KRS, peran alumni dan peluang setelah lulus kuliah, pengenalan Hima Jurusan dan penutupan.