|
Monday, 24 Jun 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

PROGRAM STUDI STATISTIKA UNSOED LAUNCHING JURNAL ILMIAH SKEWNESS

PURWOKERTO, 5 April 2024, unsoed.ac.id. – Program Studi (Prodi) Statistika FMIPA UNSOED merupakan program studi baru di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman. Prodi Statistika berdiri pada 28 Desember 2023 dan pada usianya yang baru seumuran tanam jagung kiprahnya dalam pengembangan keilmuan sudah tampak. Hal ini ditandai dengan hadirnya jurnal ilmiah SKEWNESS yang dikelola oleh Prodi Statistika UNSOED.

Bertempat di Aula Gedung C FMIPA, Rektor UNSOED  Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr., IPU., ASEAN Eng berkenan untuk meresmikan berdirinya Jurnal Skewness. Peresmian terbitnya jurnal Skewness ditandai dengan Launching Jurnal Skewness pada hari Jumat tanggal 5 April 2024.

Fmipa unsoed, statistika unsoed

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNSOED menjelaskan urgensi hadirnya jurnal Skewness bagi perkembangan Prodi Statistika ke depan serta target akreditasi Sinta dan Scopus non-Q serta strategi-strategi untuk mencapai target-target tersebut dalam periode 5 tahun mendatang.

Rektor UNSOED dalam sambutannya menyampaikan amanah agar FMIPA UNSOED yang selama ini telah mendominasi dalam hal publikasi ilmiah, prestasi tersebut agar terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Skewness, sesuai namanya yang berarti kemiringan atau kemencengan, maka kehadirannya diharapkan dapat memberi andil besar sebagai outlier (pencilan) kanan dalam kontribusi keilmuan yang semakin kuat.

Pada acara launching tersebut hadir antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Noor Farid, M.Si., Dekan FIKES UNSOED, Dekan FK UNSOED, dan tamu undangan dari luar UNSOED antara lain Kepala BPS Banyumas, Direktur UT Purwokerto dan Ketua Jurusan Sains Data ITT Purwokerto. Acara tersebut juga dihadiri oleh ketiga Wakil Dekan FMIPA, Ketua Jurusan Matematika, Sekretaris Jurusan Matematika, Koordinator Program Studi Statistika dan dosen-dosen dari Prodi Matematika dan Prodi Statistika FMIPA UNSOED.

Jurnal Skewness merupakan jurnal ilmiah dalam bidang Statistika, Aktuaria dan Sains Data. Pada terbitan perdana Vol. 1, No. 1 April 2024 hadir dengan 6 buah artikel yang ditulis oleh dosen, praktisi dan mahasiswa dari Matematika UNSOED, Statistika UNSOED, Matematika UNPAD, Ekonomi Syariah UIN Saizu, Pendidikan Matematika UIN Saizu dan BPS Purwokerto. Edisi perdana dapat diakses pada http://jos.unsoed.ac.id/index.php/skewness/

-AP-

KELUAR