|
Monday, 24 Jun 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

PROGRAM STUDI STATISTIKA UNSOED ADAKAN WORKSHOP KURIKULUM

PURWOKERTO, 19 April 2024, unsoed.ac.id. – Pada hari Jumat, 19 April 2024 Program Studi (Prodi) Statistika FMIPA UNSOED mengadakan workshop kurikulum sebagai langkah awal untuk menyiapkan proses pembelajaran yang berkualitas. Hadir sebagai nara sumber adalah Dr. Aceng Komarudin Mutaqin, S.Si., M.T., M.Si. dari Prodi Statistika Universitas Islam Bandung (UNISBA). Selain bertugas sebagai Koordinator Program Studi, nara sumber juga menjabat sebagai Wakil Ketua Forum Pendidikan Tinggi Statistika (FORSTAT) Indonesia Wilayah IV yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Workshop yang mengusung tema Finalisasi Kurikulum Program Studi Statistika Beracuan OBE dengan Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek dan Studi Kasus Nyata ini dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung C, FMIPA UNSOED. Workshop dibuka oleh Dekan FMIPA UNSOED Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D., dihadiri oleh ketiga Wakil Dekan FMIPA, serta diikuti oleh Ketua Jurusan Matematika, seluruh dosen Program Studi Statistika,  dan perwakilan dosen dari Program Studi Matematika UNSOED.

Dalam paparannya, nara sumber memberikan masukan atas draft kurikulum yang telah dirancang oleh Tim Kurikulum Prodi Statistika UNSOED. Draft tersebut telah diserahkan kepada nara sumber satu bulan sebelum pelaksanaan dan dari hasil analisis, perlu dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Secara umum, draft kurikulum yang dirancang telah memenuhi kriteria minimal kurikulum FORSTAT serta telah cukup mengakomodasi materi-materi yang diujikan pada ujian profesi aktuaris yang diadakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Dalam agendanya, Program Studi Statistika UNSOED berkomitmen untuk memberikan kepada lulusannya sertifikasi profesi yang dapat digunakan untuk mendukung kemudahan dalam memperoleh pekerjaan setelah lulus dan kesiapan dalam bekerja sesuai bidangya. Program sertifikasi profesi tersebut dirancang secara bertahap dimulai dari sertifikasi profesi sebagai aktuaris, dilanjutkan dengan sertifikasi profesi dalam bidang sains data, dan sertifikasi profesi dalam bidang asuransi kesehatan. Dengan adanya tiga jenis sertifikasi ini, maka mahasiswa memiliki pilihan sesuai bidang minatnya. Rencananya, dalam tiga bulan ke depan akan digelar workshop lanjutan berupa Workshop Ujian Sertifikasi Profesi Sains Data dan Pembentukan LSP Sains Data.

Acara workshop kurikulum yang berlangsung selama hampir 6 jam dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan 15.00 ditutup oleh Dekan FMIPA dengan penyerahan kenang-kenangan kepada nara sumber.

-AP-

KELUAR