|
Kamis, 19 Sep 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

Pelatihan Soft Skill Calon Wisudawan September 2024

[unsoed.ac.id., Kamis, 04/09/24]. Pada hari Rabu, tanggal 4 September 2024, di Ruang Auditorium Gedung C Fakultas MIPA telah dilaksanakan soft skill untuk Calon Wisudawan yang direncanakan akan diwisuda pada bulan Septemberi 2024. Acara yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Prof. Amin Fatoni, S.Si., M.Si., Ph.D. ini diikuti oleh 116 Calon Wisudawan yang terdiri dari: Jurusan Matematika sebanyak 29 orang, sejumlah 46 orang dari Jurusan Kimia dan dari Jurusan Fisika sebanyak 41 orang.

Sebagai bekal untuk para Calon Wisudawan yang sebentar lagi menjadi alumni dan secara khusus ingin membuka usaha setelah lulus kuliah, dihadirkan salah seorang pengusaha sukses yang sudah terkenal di Kabupaten Banyumas, sekaligus Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Banyumas yaitu Bapak H. Imam Purwanto atau yang lebih dikenal dengan H. Anto Djamil. Sudah menjadi rahasia umum kesuskesan Bapak H. Imam Purwanto dalam mengembangkan brand Batik Anto Djamil.

Dalam paparannya, Bapak H. Anto Djamil menyampaikan materi Kiat Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja dan Berwirausaha. Menurut Bapak H. Anto Djamil, “Dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pertama Pekerjaan dan Profesi, kedua Karir dan Pengembangan Diri, dan ketiga adalah Etika Kerja.”

Sedangkan sebagai  bekal untuk para Alumni yang ingin melanjutkan studi lanjut (S2) dihadirkan Bapak Jamrud Aminuddin, S.Si., M.Si., Ph.D.., yang merupakan Ketua Jurusan Fisika FMIPA UNSOED. Beliau menyampaikan  metari Kiat Sukses Memperoleh Beasiswa Pasca Sarjana (S2/S3).

Dalam penyampainnya, Bapak Jamrud Aminuddin, S.Si., M.Si., Ph.D. menjelaskan tips-tips untuk mendapatkan beasiswa studi lanjut yaitu kunjungi berbagai website beasiswa, lengkapi semua persyaratan, siapkan Curriculum Vitae, ikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Test of English as a Foreign Language (TOEFL) atau International English Language Testing System (IELTS). Hal yang paling utama tentu saja ijazah dan transkrip akademik serta dapat ditambahkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

KELUAR