|
Jumat, 18 Okt 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

Dosen Kimia UNSOED Berhasil Ubah Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun Padat Alternatif Cuci Piring

[unsoed.ac.id., Minggu, 28/07/24]. Tim dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang diketuai oleh Dr. Santi Nur Handayani, M.Si, berhasil mengembangkan sabun padat berbahan dasar minyak jelantah sebagai alternatif ramah lingkungan untuk mencuci piring. Hasil inovasi ini telah disosialisasikan kepada kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RT 4 RW 1, Desa Kedondong, Sokaraja, Banyumas pada hari Minggu, 28 Juli 2024.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang beranggotakan Dr. Puji Lestari, M.Si; Suyata, M.Si; Irmanto, M.Si dan Niken Istikhari Muslihah, M.Sc ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan lingkungan yang dihadapi masyarakat, khususnya terkait dengan pembuangan minyak jelantah yang tidak dikelola dengan baik. Minyak jelantah yang seringkali dibuang begitu saja, dapat mencemari kualitas tanah dan air. Selain mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, program ini juga dapat memberikan nilai ekonomi tambahan bagi masyarakat. Melalui penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh tim ini, minyak jelantah dapat didaur ulang menjadi produk yang bermanfaat, yaitu sabun padat.

Program pengabdian ini tidak hanya berfokus pada pembuatan sabun, tetapi juga melibatkan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat setempat, khususnya ibu-ibu rumah tangga. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan limbah rumah tangga dan memberikan solusi yang mudah diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat. Sebanyak 22 anggota PKK sangat antusias menyimak dan memahami setiap tahapan pembuatan sabun. Bahan yang digunakan hanya 3 jenis yaitu minyak jelantah, air dan soda api. Alat yang digunakan mudah ditemukan dan tahapan pembuatannya sederhana. Tim pengabdian berharap semoga program ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan serta memanfaatkan limbah rumah tangga dengan cara yang bermanfaat dan kreatif.

Dengan adanya program ini, kami terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat dan mendukung terciptanya lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Program ini juga diharapkan dapat terus dikembangkan dan diterapkan di berbagai desa di Banyumas.

#unggul dan berkarya.

KELUAR