|
Jumat, 18 Okt 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

Prodi Statistika Gelar Seminar Perdana: Statistical Inference for Making Decisions

[unsoed.ac.id., Kamis, 12/09/24]. Menandai langkah awal yang penting dalam perjalanannya, Program Studi Statistika Jurusan Matematika FMIPA menyelenggarakan seminar perdana pada Hari Kamis, 12 September 2024.  Seminar ini merupakan bentuk kerja sama antara Prodi Statistika UNSOED dengan BPS Kabupaten Banyumas. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin tiap bulan dengan pembicara dosen Prodi Statistika UNSOED dan BPS Banyumas secara bergantian.

Pembicara dalam seminar perdana ini adalah Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat. Sci. Ph.D yang merupakan Dekan Fakultas MIPA UNSOED sekaligus dosen Prodi Statistika. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi mahasiswa Prodi Statistika. Seminar ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Prodi Statistika dan juga beberapa dosen Prodi Statistika. Selain itu beberapa staf dari BPS Banyumas juga turut hadir dalam acara seminar.

Dalam penyampaiannya, Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat. Sci. Ph.D menjelaskan tentang pengambilan kesimpulan dari populasi berdasarkan sampel menggunakan uji hipotesis. Statistika inferensi ini dapat diaplikasikan untuk kebijakan publik, riset pasar dan sebagainya. Selanjutnya, Prof Budi juga menjelaskan bagaimana cara menentukan sampel yang dapat merepresentasikan sebuah populasi.

Selama kegiatan berlangsung banyak diskusi yang cukup menarik antar peserta dengan pembicara. Pembicara juga membagikan beberapa buku sebagai reward untuk peserta yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari pembicara. Semoga kegiatan ini banyak memberikan manfaat khususnya untuk membuka wawasan mahasiswa Prodi Statistika terkait inferensi statistika.

#unggul dan berkarya.

KELUAR