|
Wednesday, 17 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Pengecekkan Kesesuaian Kemikalia FMIPA

Pada tanggal 23 Mei 2022 di salah satu laboratorium di FMIPA, Staff PPK bersama Laboran melaksanakan pengecekkan bahan kimia yang datang sebelum dibuatkan berita acara serah terima barang dan kemudian didistribusikan untuk digunakan dalam proses perkuliahan, pembelajaran, praktikum dan penelitian.

Dalam proses pengadaan, pengecekkan barang yang diadakan menjadi hal yang sangat penting. Termasuk pengadaan kemikalia untuk kepentingan praktikum maupun penelitian. Pada pengadaan kemikalia, proses pengecekkan meliputi: kesesuaian nama barang, kesesuaian merk, kesesuaian jumlah, kesesuaian volume dan kesesuaian harga. Kesesuaian ini mengacu pada spesifikasi barang/ bahan yang tertuang dalam dokumen pesanan/ dokumen kontrak.

Jika terjadi ketidaksesuaian, maka Staff PPK menghubungi penyedia untuk menindaklanjuti ketidaksesuaian tersebut, apakah bisa disusulkan jika yang terjadi ketidaksesuaian merk, jumlah atau volume barang mengingat Berita Acara Serah Terima Barang pengadaan harus sesuai dengan pesanan dan spesifikasi dengan catatan masih dalam batas waktu masa kontrak/ masa kontrak belum berakhir. PPK berhak menolak jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan kontrak.

Kemikalia/ bahan kimia merupakan bukan barang yang umum, memerlukan kehati-hatian, mengingat perbedaan merk bahan kimia dapat mempengaruhi hasil dari penelitian/praktikum di laboratorium. Oleh karena itu proses pengecekkan harus dilakukan dengan teliti.

Fakultas MIPA memiliki 6 laboratorium kimia diantaranya; Lab. Biokimia, Lab. Kimia Organik, Lab. Kimia An Organik, Lab. Kimia Dasar, Lab. Kimia Fisik dan Lab. Kimia Analitik. Untuk kebutuhan bahan kimia keseluruhan lab tersebut dilakukan secara pengadaan langsung.

KELUAR