|
Wednesday, 17 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Pelatihan Publik Speaking untuk Mahasiswa

Jumat, 1 Juli 2022 Fakultas MIPA menyelenggarakan Pelatihan Publik Speaking Untuk Mahasiswa di Aula Fakultas MIPA. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FMIPA dan diikuti 38 mahasiswa sebagai peserta. Pembicara pada kegiatan kali ini adalah Dra. Eva Vaulina, YD.,M.Si. dan Dr. Zaroh Irayani, M.Si yang merupakan dosen FMIPA.   Dra. Eva Vaulina YD, M.Si., yang menyampaikan Materi dengan tema  PFA (Psychological First Aid) seperti yang tertulis didalam buku Everly, Phillips, Kane & Feldman. Dra. Eva Vaulina YD, M.Si. mengatakan PFA (Psychological First Aid) sebagai suatu rangkaian ketrampilan yang bertujuan untuk mengurangi distress dan mencegah timbulnya perilaku tampilan kondisi kesehatan mental negatif yang disebabkan oleh situasi tidak menyenangkan/bencana/krisis yang dihadapi individu. Tujuan PFA (Psychological First Aid) adalah Memberikan rasa aman, Mengurangi dampak psikologis yang lebih buruk, Menguatkan fungsi adaptif, jangka pendek dan jangka panjang penyintas, Mempercepat proses pemulihan,agar kesejahteraan psikologis (psychological wellbeing) tetap terjaga pada penyintas.

Pembicara kedua, Dr.Zaroh Irayani, M.Si. memberikan materi dengan tema Komunkasi Efektif. Dalam penyampaiannya Beliau mengatakan , Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda dengan orang lain. Jenis kepribadian: 1. Koleris yang kuat; 2. Sanguin yang populer; 3. Melankolis yang sempurna; 4. Phlegmatis yang damai. Gambaran Kepribadian : a. Seorang Koleris bersifat suka berpetualang, persuasif dan percaya diri, tetapi keras kepala dan kurang simpatik. b. Seorang Sanguinis itu bersifat spontan, lincah, periang, optimistik, ekstrovert, tetapi suka pamer dan suka

memerintah. c.  Seorang Melankolis bersifat penuh pemikiran, setia, tekun, analitis, tetapi pesimistik dan introvert. d. Seorang Phlegmatis bersifat ramah, sabar, puas,dan diplomatis, tetapi kurang bersemangat dan pemurung.

KELUAR