|
Wednesday, 17 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Pengolahan Bahan Beracun dan Berbahaya (B3), Pelatihan K3 FMIPA 2022

Sabtu, 02 Juli 2022 pukul 08.00 WIB di ruang aula lantai 2 FMIPA telah dilaksanakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh Jurusan Kimia FMIPA. Pelatihan tersebut diikuti oleh 68 mahasiswa jurusan kimia. Sebagai narasumber adalah Dr. Widodo Hariyono, A.Md., S.T., M.Kes., beliau merupakan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Dosen pada Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, serta Ketua Pusat Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PS-K3), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Narasumber kedua adalah Anung Riapanitra, Ph.D, dosen FMIPA Unsoed.

Laboratorium merupakan unit kerja yang memiliki resiko akan kecelakaan akibat kerja dan penyakit akibat kerja. Oleh karena itu diperlukan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Jurusan Kimia FMIPA memiliki 6 laboratorium, diantaranya; Lab. Kimia Organik, Lab. Kimia Anorganik, Lab. Kimia Analitik, Lab.Biokimia, Lab.Kimia Fisik dan Lab. Kimia Dasar. Keenam laboratorium tersebut berada di lantai 1 Gedung A FMIPA yang bersebelahan dengan ruang perkantoran FMIPA. Mengingat lokasi yang bersebelahan dan berada pada gedung yang sama dengan perkantoran FMIPA, diharapkan kegiatan praktikum, pembelajaran dan penelitian di laboratorium dapat berjalan dengan lancar, aman dan selamat.

Pelatihan K3 ini sangat penting bagi mahasiswa kimia, laboran dan tenaga pendidik mengingat resiko akan kecelakaan dan penyakit kerja dapat terjadi pada laboratorium tempat mereka melaksanakan kegiatan praktikum dan penelitian. Dengan adanya pelatihan K3, kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat diminimalisir karena mahasiswa, laboran dan tenaga pendidik sudah dibekali dengan pelatihan K3.

KELUAR