|
Wednesday, 17 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas MIPA UNSOED TA 2022/2023

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023. Event ini merupakan wahana untuk memperkenalkan dan mempersiapkan Mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dengan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. PKKMB juga menjadi ajang implementasi mengenai Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 dimana mahasiswa diharapkan akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Tema yang diusung dalam event ini adalah “Gali potensi, kembangkan inovasi sebagai saintis muda yang berbudi pekerti dan berprestasi”. PKKMB dilaksanakan pada hari Jumat hingga minggu tanggal, 12-14 Agustus 2022 secara blended; antara daring dan luring bertempat di lingkungan Fakultas MIPA Unsoed secara luring selama dua hari serta menggunakan virtual meeting platform dan Eldiru untuk acara daring pada hari ketiga. Pelaksanaan kegiatan ini mengikuti Panduan PKKMB 2022 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi. Acara dibuka oleh dekan FMIPA Unsoed Bapak Sunardi S.Si., M.Si di Aula FMIPA Unsoed.


Dalam laporannya, ketua panitia Anung Riapanitra, Ph.D menyampaikan bahwa peserta PKKMB tahun akademik 2022/2023 diikuti oleh 337 mahasiswa baru FMIPA yang terdiri atas 109 Maba Jurusan Kimia, 116 Maba Jurusan Matematika dan 112 Maba Jurusan Fisika. Total jumlah Maba laki-laki adalah 76 orang dan maba perempuan berjumlah 261 orang. PKKMB FMIPA tahun akademik 2022/20223 diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik termasuk didalamnya materi dari Dekanat MIPA, Pengenalan Jurusan dan Pengisian KRS oleh para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan seluruh dosen; materi tentang Pusat informasi ilmiah; materi menggali ide Program Kreativitas Mahasiswa; serta materi bimbingan konseling tentang perencanaan studi dan pencegahan kekerasan seksual oleh tim Bimbingan dan Konseling FMIPA Unsoed.

PKKMB juga menghadirkan pembicara dari alumni FMIPA Unsoed dan dari luar Unsoed. Untuk materi pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba mengundang pembicara Bapak Yuni Gunawan, S.I.Kom dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas. Sebagai pembicara pada materi materi Prospek Dunia Kerja dan Training Motivasi oleh alumi FMIPA Unsoed adalah Dr. Wahyu Hidayat, M.Sc dan tim alumni dari Jurusan Fisika; Afri Permana, S.Si, dan Richo Dwi Permadi, S.Si., M.Eng sebagai alumni Jurusan Kimia dan Chrisna Gilang Permana, S.Si mewakili alumni Jurusan Matematika. Alhamdulillah rangkaian acara PKKMB tahun akademik 2022/2023 berjalan lancar berkat Kerjasama yang baik dari seluruh panitia yang meliputi tenaga pendidik dan kependidikan serta 30 mahasiswa perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Kimia, Fisika dan Matematika serta didukung oleh seluruh civitas akademik Fakultas MIPA Unsoed


Tagline PKKMB : #bahagia hari ini, sukses esok hari!

KELUAR