|
Tuesday, 27 Feb 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

PELEPASAN WISUDAWAN FMIPA UNSOED PERIODE WISUDA JUNI 2023

Meskipun masih tersisa satu lagi agenda untuk kemudian lengkap menjadi sarjana yaitu wisuda namun prosesi pelepasan tetap menjadi momen yang perlu diabadikan. Pelepasan wisudawan adalah penyerahan kembali mahasiswa kepada orang tua atau wali dengan perubahan kondisi yang membuat bangga orang tua. Dulu, mereka diterima sebagai mahasiswa FMIPA Unsoed dan kini diserahkan kembali dengan posisi sebagai S.Si. (Sarjana Sains untuk Jurusan Fisika dan Kimia) dan S.Mat. (Sarjana Matematika untuk Jurusan Matematika).

Hari ini, Senin 12 Juni 2023 secara resmi FMIPA Unsoed melepas para lulusannya, mengembalikan kepada orang tua atau walinya masing-masing dan menghantarkannya dengan iringan doa untuk segera mendapatkan pekerjaan, melanjutkan studi, atau mengembangkan skill, talenta dan keterampilan berwirausaha yang telah diasah selama menjadi mahasiswa. Untuk wisuda periode Juni 2023 ini terdapat 34 lulusan FMIPA yang akan mengikutinya, masing-masing terdiri dari 22 calon wisudawan bergelar S.Mat, dan 12 bergelar S.Si. dengan 9 dari Jurusan Kimia dan 3 dari Jurusan Fisika.

Pada pelepasan kali ini tercatat 18 mahasiswa lulus dengan predikat Cum laude dengan IPK tertinggi 3,94 diraih oleh Erlinda Dewi Ratnasari dari Jurusan Matematika. Secara akademik, predikat Cum laude (atau Dengan Pujian) diberikan kepada lulusan yang mencapai IPK lebih dari atau sama dengan 3,51 dan masa kuliah maksimal 10 semester.

Acara pelepasan dibuka dengan laporan oleh Ketua Panitia yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FMIPA Unsoed Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D. Dalam sambutannya, Dekan FMIPA menekankan perlunya mempersingkat waktu studi. Dekan juga meminta kepada calon wisudawan untuk rajin mengisi tracer study, siap jika sewaktu-waktu diundang mengisi Bakti Alumni dan agar senantiasa menjaga nama baik FMIPA. Sambutan juga disampaikan oleh perwakilan orang tua calon wisudawati Sahwa Nabila, Ibu Ifa Handayani. Sedangkan penyampaian ucapan selamat dari perwakilan mahasiwa disampaikan oleh Muhammad Haidar Yahya.

Prosesi pelepasan calon wisudawan dilaksanakan dalam dua sesi yaitu sesi Penghargaan terhadap 10 Besar Terbaik dan Penghargaan kepada seluruh wisudawan. Pengalungan atau penyematan selempang dan pemberian plakat kepada 10 calon wisudawan terbaik FMIPA Unsoed dilakukan oleh Dekan dan Wakil Dekan 1, sedangkan penyematan selempang dan pemberian plakat kepada seluruh calon wisudawan dilakukan per Jurusan oleh Wakil Dekan 1 dan Ketua Jurusan masing-masing. Tidak lupa, pada prosesi pelepasan ini calon wisudawan mendapat persembahan souvenir/cinderamata dari adik-adik angkatannya, sebagai apresiasi atas keberhasilannya dan menjadi semangat, motivasi dan teladan dalam menuntaskan dan mewujudkan cita-cita dan harapan orang tua.

Momen pelepasan kali ini juga diisi dengan persembahan berupa Tari Ngerong Banyumasan yang dibawakan oleh dua pengibing ‘kenes’ yakni Fajri Ayu Kusumawati dan Sherlinda Meiyana Kharisma. Joged yang dibawakan oleh kedua orang mahasiswa Matematika mampu mengundang decak kagum seluruh yang hadir di Aula FMIPA Unsoed. Siratan makna pada jodeg tersebut adalah semangat dan riang-gembira.

Selain ibing, juga ada persembahan lagu yang dibawakan oleh Dana Cahya Nugraha dari Jurusan Fisika. Judul tembang yang dibawakannya adalah Interaksi dari Tulus. Ungkapan terima kasih kepada orang tua dengan persembahan buket dan puisi diwakili oleh wisudawan dari Jurusan Kimia. Prosesi pelepasan diakhir dengan doa penutup oleh Bp. Eko dan foto bersama. Panitia menyediakan photo booth untuk ekspresi diri para calon wisudawan dan wisudawati.

-AP-

KELUAR