|
Monday, 15 Jul 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

PEMBEKALAN DAN PESERTA KOMPETISI SATRIA DATA KATEGORI NSC

Tahun 2023 ini menjadi tahun perdana bagi Univeristas Jenderal Soedirman dalam mengikuti kompetisi bergengsi Satria Data yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRENAS), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Satria Data atau Statistika Ria dan Festival Sains Data merupakan ajang kompetisi sekaligus penguatan keilmuan yang dapat diikuti oleh mahasiwa seluruh Indonesia.

Kompetisi dalam Satria Data terbagi menjadi empat kategori yaitu NSC, SIC, SEC dan BDC. Pada setiap kategori, masing-masing perguruan tinggi diberikan jatah maksimal 20 peserta baik kelompok maupun tim. Kategori pertama adalah National Statistics Competition (NSC) yang berupa kompetisi perorangan (individu). Untuk kategori ini, Unsoed mengirimkan 6 orang mahasiswa perwakilannya yang kesemuanya adalah mahasiswa Jurusan Matematika. Sedangkan untuk tiga kategori lainnya berupa kompetisi secara tim dengan masing-masing tim maksimal 3 orang dan salah seorang berperan sebagai ketua. Untuk kategori Statistics Essay Competition (SEC) Unsoed mengirimkan 2 delegasi. Sementara itu, untuk dua kategori selanjutnya yaitu Statistics Infographic Competition (SIC) dan Big Data Challenge (BDC), Unsoed hanya diwakili 1 delegasi pada masing-masing kompetisi. Dengan demikian, pada gelaran Satria Data 2023 ini Unsoed mengirimkan total 10 delegasi yang siap mengharumkan nama Unsoed.

Sedangkan untuk pengembangan keilmuan, mahasiwa disediakan wadah berupa pengembangan wawasan dengan kegiatan seminar nasional dan workshop serta credit earning berupa perkuliahan interaktif dengan pendekatan problem solving. Kegiatan-kegiatan pengembangan keilmuan ini terbuka untuk diikuti oleh mahasiswa di seluruh Indonesia secara gratis.

Dalam rangka menyiapkan delegasi Unsoed pada kompetisi Satria Data 2023, mulai Sabtu 10 Juni 2023 sampai dengan Senin, 12 Juni 2023 diadakan pembekalan (karantina) mahasiswa yang diikutkan pada kompetisi NSC. Untuk kategori ini, diujikan materi-materi statistika yang berasal dari ragam mata kuliah: Teori Peluang, Statistika Matematika, Disain Survey, Perancangan Percobaan, Analisis Regresi, Analisis Deret Waktu, Analisis Peubah Ganda, dan Analisis Data Kategorik. Pembekalan diberikan oleh seluruh dosen Matematika Unsoed yang bernaung di bawah Laboratorium Statistika. Upaya ini tentu saja dimaksudkan agar delegasi Unsoed mampu mempersembahkan yang terbaik bagi institusinya.

Selanjutnya, selama dua minggu bersamaan dengan penyelenggaraan Ujian Akhir Semester seluruh delegasi NSC Unsoed diberikan kesempatan untuk secara mandiri mempelajari materi yang sudah diberikan pada saat pembekalan dan melatih soal-soal. Hari Sabtu, 24 Juni 2023 merupakan hari dilaksanakannya Babak Penyisihan NSC yang dilaksanakan secara daring CBT. Selamat berjuang. Maju terus untuk menang. Doa kami menyertai.

-AP-

KELUAR