|
Tuesday, 27 Feb 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Perjanjian Kerja Sama FMIPA Unsoed dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas

Bertempat di Smart Room FMIPA Unsoed tekah dilakukan penandatanganan kerjasama antara Fakultas MIPA Unsoed dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banyumas. Naskah kerjasama ditandatangani oleh Dekan FMIPA Unsoed Bp. Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D. dan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas Ibu Ir. Suprih Handayani, M.E.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Wakil Dekan FMIPA Unsoed, Ketua Jurusan Matematika, Ketua dan Sekretaris Jurusan Kimia dan Tim Kerjasama FMIPA Unsoed. Sedangkan kehadiran Ibu Kepala BPS Kabupaten Banyumas didampingi oleh enam orang stafnya.

Acara dimulai dengan pembukaan dan perkenalan masing-masing tim dan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah kerjasama tepat pada pukul 10.10 WIB. Setelah penandatanganan dilakukan diskusi mengenai bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan kedua pihak. Sebagai inisiasi dari kerjasama tersebut adalah pengiriman staf BPS Kabupaten Banyuams untuk menjadi dosen praktisi dalam kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), yaitu dengan menjadi pengampu pada mata kuliah Metode Survey Sampel.

Wujud kerjasama lainnya adalah pendirian Statistics Corner di FMIPA Unsoed yang rencananya akan ditempatkan di Pusat Informasi Ilmiah (PII). Diharapkan, kehadiran Statistics Corner ini dapat menjadi momentum untuk penelitian dan pengabdian bersama antara kedua pihak. Keberadaan Statistics Corner juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan memudahkan mahasiswa dalam memanfaatkan data yang telah dikelola oleh BPS selama ini.

Sebagai Tuan Rumah dalam penandatanganan kerjasama ini, Jurusan Matematika berharap dapat mengirimkan mahasiswa-mahasiswanya untuk bisa menimba ilmu di BPS Banyumas dalam kurun waktu 1 semerter. Hasil belajar tersebut selanjutnya dapat disetarakan dengan 20 sks. Kegiatan ini menjadi salah satu wujud implementasi dari kegiatan MBKM yang dilakukan oleh Jurusan Matematika. Dari Pihak BPS sendiri menjelaskan bahwa banyak hal yang dapat ditawarkan terkait kemungkinan mahasiswa menjalani masa studi 1 semester di BPS. Mahasiswa dapat belajar bagaimana data dipublikasikan. Banyak proses yang perlu dijalani oleh data sejak pertama kali diperoleh hingga dipublikasikan kepada pengguna data.

Adanya kerjasama ini pada satu sisi sangat menguntungkan bagi Jurusan Matematika, khususnya kemudahan bagi para mahasiswa untuk lebih fokus dan terarah dalam menjalani Kerja Praktik selama 1 bulan di BPS Kabupaten Banyumas. Kegiatan Kerja Praktik ini bukan hal baru. Selama hampir 15 tahun Jurusan Matematika telah mengirimkan mahasiswanya untuk menimba pengalaman kerja dan meningkatkan keilmuannya dengan magang atau kerja praktik 1 bulan.

Pihak BPS sangat terbuka terkait dengan kebutuhan data untuk pengerjaan skripsi mahasiswa dan riset-riset dosen Matematika. Dosen-dosen Matematika khususnya yang bidang kepakarannya Statistika mendapat tawaran untuk riset dan pengabdian bersama dengan staf BPS Kabupaten Banyumas. Maju Terus Pantang Menyerah.

KELUAR