|
Saturday, 13 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

WARNA-WARNI PKKMB FMIPA UNSOED 2023: KEHANGATAN, KEAKRABAN DAN KEBERSAMAAN

Selamat kepada putra-putri terbaik Soedirman atas keberhasilannya diterima sebagai mahasiswa di Jurusan Kimia, Matematika dan Fisika, FMIPA Universitas Jenderal Soedirman. Selamat belajar, berorganisasi dan berprestasi.

Jumat pagi, 11 Agustus 2023. Lapangan Tengah FMIPA. Disinilah secara resmi dilakukan pengukuhan diterimanya putra-putri terbaik Soedirman sebagai mahasiswa di FMIPA. Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau yang diistilahkan PKKMB diawali Upacara Pembukaan PKKMB dengan Inspektur Upacara Dekan FMIPA, Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D. Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pembukaan PKKMB ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Dekan FMIPA. Dalam sambutannya, Beliau berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar semaksimal mungkin memanfaatkan kesempatan selama menjadi mahasiswa untuk belajar, bersosialisasi, berorganisasi dan beribadah. Usahakan agar dapat selesai empat tahun. Pesan yang disampaikan Pak Dekan sangatlah bersesuaian dengan tema pelaksanaan PKKMB 2023: Maju dalam prestasi, luhur dalam karakter dan budi pekerti.

Kehangatan, keakraban dan kebersamaan mewarnai pelaksanaan PKKMB tahun ini. Panitia PKKMB adalah dosen-dosen muda FMIPA yang masih belum terlalu lama meningggalkan masa-masa mahasiswanya. Ketika bertemu dengan mahasiswa baru, membawa kembali ke masa lalu yang belumlah lama. Jadilah membaur antara panitia dan peserta PKKMB.

Di bawah komando Bapak Indra Herdiana, S.Mat., M.Sc. semua agenda PKKMB dapat berjalan tanpa kendala berarti. Selama dua hari (Jumat dan Sabtu) pelaksanaan PKKMB menjadi ajang yang menyenangkan bagi semua. Acara-acara yang dirancang untuk disuguhkan bukan hanya agenda akademik, namun juga dibumbui dengan kelucuan dan keceriaan yang dibawakan oleh kakak-kakak tingkat

Fakultas MIPA memiliki tiga jurusan dan tahun ini tiap jurusan rata-rata menerima 120 mahasiswa. Keterbatasan ruang untuk menampung sekitar 360 mahasiswa menjadikan pelaksanaan PKKMB dijalankan dengan konsep hybrid. Aula FMIPA menjadi ruang utama untuk pelaksaan PKKMB dan untuk dua ruang lainnya di-relay dengan teknologi zoom meeting. Kepakaran Bapak Hartono, S.Si., M.Si. sangat membantu kelancaran PKKMB dengan mode hydrid.

Beragam kegiatan selama dua hari penuh dirancang oleh Panitia PKKMB, khususnya seksi acara yang dikoordinir oleh Bu Siti Rahmah Nurshiami, S.Si., M.Si. dari mulai Pengenalan Visi Misi FMIPA oleh Dekan dan Hak dan dan Kewajiban Mahasiswa oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Bp. Prof. Wahyu Tri Cahyanto, S.Si., M.Si., Ph.D.

Mahasiswa perlu mengenal, mengetahui dan memahami Visi-Misi Fakultas agar dapat menyelaraskan derap langkah kependidikannya selama menjadi mahasiswa di FMIPA dengan visi-misi tersebut. Mahasiswa juga perlu tahu dan memahami tidak saja hak-haknya sebagai mahasiswa, namun juga kewajibannya sebagai orang dewasa selama menuntut ilmu.

 Acara PKKMB sesi pagi untuk hari pertama diakhiri pukul 11.00 dan dilanjutkan dengan Sholat Jumat di Masjid FMIPA Unsoed untuk yang Muslim. Sedangkan untuk para Muslimah dan non-Muslim diberikan pembekalan kereligian.

Kegiatan PKKMB sesi siang dimulai pukul 13.00 dengan agenda pengenalan jurusan masing-masing, termasuk mengenalkan para dosen, para Kepala Laboratorium, Pembimbing Akademik, Staf Akademik dan Laboratorium serta kunjungan ke masing-masing jurusan beserta laboratorium jurusan. Mahasiswa baru perlu dikenalkan dengan laboratorium terkait dengan keselamatan kerja ketika sedang melakukan praktikum ataupun riset di laboratorium. Pada sesi ini seluruh mahasiswa baru juga dikenalkan dengan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang dilakukan secara online dengan dibantu oleh kakak tingkat.

Satu hal lagi yang sangat perlu dikenalkan kepada para mahasiswa baru adalah keberadaan dan fungsi Pusat Informasi Ilmiah (PII). Dr. Mashuri, S.Si., M.Si. selaku Koordinator PII memberikan wejangan bahwa PII sangat penting bagi mahasiswa dalam menunjang kelulusan tepat waktu. PII menyediakan jurnal, buku-buku teks, Laporan Kerja Praktik dan Skripsi yang dapat diakses dengan gratis oleh semua mahasiswa. Untuk menjadi anggota PII cukup hanya mendaftarkan diri dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Selanjutnya, dapat memanfaatkan semua fasilitas yang disediakan PII, termasuk ruang belajar yang nyaman. Seluruh kegiatan PII akan dilayani oleh Petugas Pustaka Bp. Aan Subekti. Rangkaian acara diawali dengan pre-test, maka akhir acara hari pertama adalah post-test.

Hari kedua diisi penyampaian materi oleh Wakil Dekan 2 Bidang Umum dan Keuangan serta Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Hal utama yang disampaikan oleh Bp. Dr. Jajang, S.Si., M.Si. selaku Wakil Dekan 2 adalah prosedur penggunaan dan perawatan sarana dan prasarana serta alokasi pendanaan untuk menyokong kegiatan mahasiswa. Sedangkan Bp. Prof. Amin Fatoni, S.Si., M.Sc., Ph.D. selaku Wakil Dekan 3 menyampaikan torehan-torehan prestasi yang telah dibukukan oleh mahasiswa FMIPA selama ini dan pemberian semangat dan motivasi kepada mahasiswa baru untuk mengikuti jejak mereka.

 

Selain Pembimbing Akademik (PA), selama menjalani kuliah mahasiswa juga didampingi oleh Tim Bimbingan Konseling (BK). Ada Tim BK tingkat universitas dan juga tingkat fakultas. Pembimbing Akademik umumnya membantu mahasiswa dalam pengambilan mata kuliah dan mengarahkan bidang minat yang akan ditekuninya selama kuliah. Sedangkan Tim BK disediakan untuk membantu mahasiswa menemukan kepercayaan dirinya, membangun motovasi dan menjaga mental positif agar lebih mudah dalam menjalani kuliah. Keberadaan BK tidak semata-mata dibutuhkan ketika mahasiswa mengalami kesulitan, kegagalan atau kemunduran prestasi akademik. BK juga menjadi tempat konsultasi untuk memompa gairah belajar agar grafik Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menanjak setiap semesternya.

Plagiarisme juga menjadi concern bagi civitas academica FMIPA Unsoed. Oleh karena itu, tema materi tentang plagiarisme juga menjadi hal yang wajib diketahui dan dipatuhi oleh para mahasiswa. Plagiasi dan menyontek bukanlah tindakan terpuji.

Acara PKKMB sesi pagi di hari kedua ditutup dengan penyuluhan Bahaya Narkoba. Acara ini diisi oleh Badan Narkotika Nasioan (BNN) Kabupaten Banyumas. Meskipun selama ini belum pernah terdengar kabar bahwa mahasiswa FMIPA Unsoed berkasus dengan narkoba, agenda penyuluhan ini tetap sangat perlu. Umumnya, mahasiswa lebih sering kecanduan drakor, game dan semoga terbebas dari pinjol.

Acara sesi siang dimulai setelah seluruh mahasiswa menjalani ishomas (istirahat, sholat dan makan siang). Ketika energi telah kembali utuh, kepada para mahasiswa baru dihadirkan alumni-alumni Kimia, Matematika dan Fisika yang telah menapaki jenjang dunia kerja. Mahasiswa diberikan gambaran dimana saja tempat mereka setelah lulus nanti. Untuk Jurusan Kimia, dihadirkan Ibu Nastiti Nur Indriyani. Jurusan Matematika menghadirkan alumninya yang saat ini bekerja sebagai dosen di UIN Prof. Dr Saifuddin Zuhri, Purwokerto. Beliau adalah Ibu Dr. Ifada Novikasari, S.Si., M.Pd. Sedangkan untuk Jurusan Fisika hadir Bp. Galih Rakasiwi, S.Si. Beliau telah menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA Al Irsyad Purwokerto.

Sesi siang ini berlangsung dengan seru selama kurang lebih 90 menit. Masing-masing nara sumber ber-flash-back ria selama masa-masa kuliahnya dulu di FMIPA Unsoed, menceritakan hambatan yang harus diselesaikan saat menjalani kuliah, dan strategi menata arah ke masa depan.

Akhir acara PKKMB selama dua hari penuh secara resmi ditutup oleh Wakil Dekan 1 Bp. Prof. Wahyu Tri Cahyanto, S.Si., M.Si., Ph.D.

KELUAR