|
Saturday, 13 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

20 TAHUN SEMAKIN MENGUDARA, 3 KOMPETISI NASIONAL BERHASIL DIMENANGKAN OLEH MAHASISWA FISIKA

20 tahun civitas akademika fisika Unsoed semakin memadukan sinerginya. Terbukti dalam dua bulan terakhir, 3 kompetisi kepenulisan berhasil dimenangkan mahasiswa fisika. Lentera (Lomba Esai Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman) 2023 menjadi salah satu kompetisi yang berhasil ditaklukan dengan baik oleh Wildanul Munfarid (Fisika 2021) bersama Zia Rahmawati (Fisika 2022). Dilaksanakan pada 29 Juli 2023 melalui zoom cloud meeting keduanya menampilkan presentasi dengan sangat luar biasa dengan mengangkat judul “Mewujudkan Energi Darurat dengan Sentuhan Piezoelektrik Pada Kursi Perpustakaan untuk Pengisian Baterai Handphone”

“Krisis energi menjadi hal serius dan perlu diidentifikasi solusi yang inovatif. Salah satu yang bisa dilakukan kita sekarang yakni menggagas alat dengan sistem permanen energi (Energy Harvesting). Salah satunya dengan menggunakan piezoelektrik yang dapat mengubah energi potensial dan kinetik menjadi energi listrik. Solusi ini akan sesuai dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya target terkait energi bersih, terjangkau, dan penanganan perubahan iklim” pungkas keduanya dalam presentasi yang mereka sampaikan. Berkat ide kreatif tersebut, keduanya berhasil memuaskan hati dewan juri dan menjadi juara pertama dalam ajang Lentera yang diselenggarakan BEM Unsoed 2023 tersebut.

Tak berhenti disitu, dengan bimbingan Ibu Umi Pratiwi, M.Sc.,  Wildanul Munfarid (Fisika 2021) bersama kedua rekannya Khansa Nabilah (Agroteknologi 2021) dan Ayu Azkiyah (Agroteknologi 2021) berhasil membawa pulang Bronze Medal sekaligus memboyong kategori Favorite Paper dalam Nasional Essay Competition (NEC) yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian (INSTIPER) Yogyakarta yang berkolaborasi dengan Nusantara Muda. Bertempat di Yogyakarta, 19-20 Agustus 2023 ketiganya mengangkat topik Aplikasi Arduino Uno guna monitoring dan pengendalian hama Sitophilus Oryzae. Berkat kesungguhan ketiganya, tahapan kompetisi berhasil dilalui dengan sangat baik dan hasil yang memuaskan bisa mereka dapatkan

Bergeser sedikit dari Esai, Lomba Karya Tulis Mahasiswa Nasional (LKTI-M Nasional) yang diselenggarakan oleh Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro menjadi salah satu kompetisi yang berhasil dimenangkan oleh Tim Fisika Unsoed. Dengan bimbingan yang baik dari Bapak Dr. Eng. Mukhtar Effendi S.Si., M.Eng ketiga mahasiswa fisika yakni Mufti Saefurohmah (Fisika 2021), Maylialfinatun Safitri (Fisika 2021) dan Syafrida Dwi Apriyanti (Fisika 2022) berhasil membawa pulang tropy juara pertama sekaligus kategori best poster dalam kejuaran tersebut.

“Peluang ide inovatif dalam dunia Fisika sangat beragam dan bisa diterapkan dalam berbagai aspek. Kalau bukan kita yang mengeksplornya lalu siapa lagi ?” jawab Tim tersebut ketika dewan Juri menanyakan motivasi mengikuti LKTI Nasional yang bidang kajiannya pertanian di Universitas Diponegoro, 26 Agustus 2023 lalu. Menurut ketiganya, ilmu Fisika adalah ilmu yang fleksibel dan dinamis yang banyak penerapannya selain dalam dunia sains. Jawaban tersebut tampaknya menjadi nilai plus dari kelompok yang mengangkat topik sistem Internet of Things (IoT) dalam ajang LKTI ini. Mereka berharap mahasiswa Fisika dapat terus menggali kemampuan mereka dan tidak takut untuk memulai langkah menoreh prestasi untuk mengharumkan nama almameter mereka, Universitas Jenderal Soedirman.

KELUAR