|
Sunday, 28 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Semiring Bivariate F-Distribution

Bertempat di google-meet, pada hari Rabu 30 Agustus 2023 Jurusan Matematika kembali mengadakan acara Seminar Daring (Semiring). Gelaran kali ini merupakan pelaksanaan yang ke-25 kali. Sebagai nara sumber pada Semiring #25 yang mengambil judul Bivariate F-Distribution adalah Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D. Dalam pemaparannya, dijelaskan kebutuhan akan perlunya membangun Bivariate F-Distribution terkait dengan pengujian power dan size pada model regresi linier sederhana.

 

Dalam penyampaiannya juga, Nara Sumber menjelaskan kesulitan-kesulitan yang dihadapi ketika selesai mengonstruksi Bivariate F-Distribution. Hal ini terkait solusi analitik yang sangat rumit sehingga diperlukan bantuan komputasi yang diselesaikan dengan R-Program.

Akhir sesi pemaparan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Diskusi tersebut menghasilkan kesimpulan perlunya mengembangkan riset Bivariate F-Distribution menjadi kajian Multivariate F-Distribution, menemukan properties-properties yang bisa dikuak dan mencarikan aplikasi dari distribusi baru yang dibangun.

Semiring sendiri merupakan kegiatan rutin bulanan dari Jurusan Matematika. Meskipun merupakan kegiatan rutin, namun pelaksanaan Semiring bukan sekedar rutinitas belaka. Semiring memiliki misi untuk mengembangkan iklim riset di kalangan dosen-dosen Matematika Unsoed. Oleh karenanya, nara sumber dari kegiatan Semiring ini adalah dosen-dosen Matematika Unsoed, meskipun dalam beberapa kesempatan diisi oleh nara sumber luar.

-AP-

KELUAR