|
Saturday, 13 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FMIPA PERIODE SEPTEMBER 2023

Wisuda menjadi sarjana merupakan momen yang dinantikan oleh para mahasiswa, termasuk mahasiswa-mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsoed. Di FMIPA yang terdiri dari tiga Jurusan (Kimia, Matematika dan Fisika), prosesi wisuda tingkat universitas didahului dengan yudisium pada tingkat fakultas sehari sebelumnya. Dan, sebelum menjalani yudisium, seluruh mahasiswa lulusan FMIPA akan mengikuti kegiatan pembekalan (pelatihan) soft skill untuk persiapan terjun ke dunia kerja atau studi lanjut.

Seluruh mahasiswa FMIPA yang lulus periode September menjalani yudisium pada hari Selasa, 12 September 2023. Sehari kemudian pada Rabu, 13 September mereka diwisuda menjadi sarjana pada keilmuan Kimia dengan gelar Sarjana Sains (S.Si.), sarjana pada kelimuan Matematika dengan gelar Sarjana Matematika (S.Mat.), dan sarjana pada keilmuan Fisika dengan gelar Sarjana Sains (S.Si.).

Seminggu sebelumnya, Rabu 6 September 2023 seluruh calon wisudawan tersebut mengikuti kegiatan soft skill yang diselenggarakan oleh FMIPA. Pelatihan tersebut bertempat di Ballroom Gedung Integrated Academic Building (IAB) Unseod, berlangsung sejak pukul 08.00 sampai 12.30 WIB.

Suasana Pelatihan Softskill

Acara dibuka oleh Dekan FMIPA, Bpk. Prof. Drs. Budi Pratikno M.Stat.Sci., Ph.D. dan menghadirkan dua orang nara sumber yaitu Bp. Rundi Rantau Wahyuliadi, S.T. dan Ibu Dra. Eva Vaulina Yulistia Delsy, M.Si. Acara ini diikuti oleh 115 calon wisudawan FMIPA Periode September 2023. Kegiatan ini dimoderatori oleh Erisa Putri Nabila.

Dalam pemaparan materinya yang berjudul Kiat Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja dan Berwirausaha, Mas Rundi mengupas banyak hal mengenai inspirasi sukses berbisnis property dan kuliner. Hal ini sangat sesuai dengan kiprah Mas Rundi, yang dikenal sebaagi Pembisnis di bidang property dan kuliner di Purwokerto. Saat ini Mas Rundi dipercaya sebagai Wakil Ketua REI (Real Estate Imdonesia) Propinsi  Jawa Tengah dan juga Wakil Ketua Bidang Property KADIN (Kamar Dagang Indonesia) Kabupaten Banyumas. Dalam pemaparannya, Mas Rundi menjelaskan bahwa untuk menjadi sukses, maka harus jelas terlebih dahulu tujuan kita dalam menata masa depan. Ilustrasi yang diberikan adalah menetapkan tujuan kuliah. Untuk apa kita kuliah? Apakah karena ikut teman, disuruh orang tua, ingin punya gelar jadi keren, ingin kerja yang gajinya gede, cari ilmu dan pengalaman, atau sukses dunia akhirat, atau alasan-alasan lainnya. Selain memiliki tujuan yang jelas dan mungkin tidak tunggal, sukses juga harus didukung oleh beberapa faktor antara lain: ikut kursus, manfaatkan waktu magang, berkegiatan sosial, aktif berorganisasi dan bekerja part-time.

Dari Kiri: Wakil Dekan 3 FMIPA Unsoed, Kedua Narasumber dan Dekan FMIPA Unsoed

Nara sumber kedua Ibu Dra. Eva Vaulina Yulistia Delsy, M.Si. menawarkan Cara/Kiat Sukses Memperoleh Beasiswa Pasca Sarjana (S2). Ibu Eva yang juga dikenal sebagai Dosen di Jurusan Kimia FMIPA Unsoed mengatakan bahwa apabila ingin melanjutkan studi lanjut ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi para calon wisudawan antara lain: niat dan motivasi yang kuat, mind set dan heart set (aksi dan keyakinan), gali informasi sebanyak mungkin, diskusi dengan alumni, dan rebut peluang. Beliau juga menkankan bahwa hal terkuat untuk meraih beasiswa adalah niat dan keinginan untuk menuntut ilmu. Beasiswa bukan untuk orang-orang pintar saja, melainkan juga untuk orang orang yang lebih mengedepankan usaha dan doa.

– Suci Rahayu –

KELUAR