|
Saturday, 13 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Semiring Bidirectional Long Short Term Memory (BiLSTM)

Semiring atau seminar daring merupakan kegiatan ilmiah rutin yang diadakan jurusan Matematika Unsoed yang salah satu tujuannya untuk menggali topik topik penelitian  yang nantinya dapat di kaji oleh mahasiswa sebagai tugas akhirnya.  Pada hari Jumat tanggal 29 September 2023, telah dilaksanakan Semiring yang dibuka oleh ketua Jurusan Matematika. Semiring ini dihadiri lebih dari 60 peserta dari kalangan dosen maupun mahasiswa baik dari kalangan sendiri ataupun dari luar jurusan matematika UNSOED dan banyak alumni hadir yang sudah menjadi dosen di luar UNSOED. Pembicara dalam kegiatan ini ibu Dra. Mutia Nur Estri, M. Kom dari Lab Komputasi  dengan topik “Bidirectional Long Short Term Memory (BiLSTM).

Pembicara dalam kegiatan Semiring ini, Ibu Mutia Nur Estri menjelaskan tentang definisi Bidirectional Long Short Term Memory (BiLSTM) sebagai salah satu metode yang dapat memproses data dengan ukuran yang besar dan mampu memahami pola dari data historis. Bidirectional Long Short Term Memory (BiLSTM) merupakan salah satu metode dari kecerdasan buatan yang menggabungkan dua arsitektur Recurrent Neural Networks (RNN), yaitu arsitektur Bidirectional Recurrent Neural Network (BRNN) dan Long Short Term Memory (LSTM). Bidirectional Long Short Term Memory (BiLSTM) akan memproses data masukan (input) menggunakan arsitektur LSTM dalam dua arah, yaitu searah dengan urutan data (forward) dan berlawanan arah dengan urutan data (backward) sehingga output yang dihasilkan dipengaruhi oleh input dari kondisi sebelumnya dan kondisi sesudahnya.

Selama kegiatan berlangsung banyak diskusi yang cukup menarik antar peserta dengan pembicara. Pembicara juga menjelaskan mata kuliah apa yang perlu menjadi dasar dalam mengambil tugas akhir dibidang komputasi ini.  Semoga dengan adanya kegiatan ini, banyak memberikan manfaat khususnya untuk membuka wawasan mahasiswa yang akan mengambil tugas akhir dan untuk kemajuan riset dari Jurusan Matematika sendiri.

– Ari Wardayani –

KELUAR