|
Monday, 22 Jul 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Meraih Satu Medali Perak dan Tiga Perunggu pada Lomba Makalah dan Poster KAMINDO

Purwokerto – Mahasiswa Jurusan Matematika, FMIPA Unsoed telah mengikuti ajang Lomba Makalah dan Poster yang diadakan oleh Komunitas Analisis Matematika Indonesia (KAMINDO) pada Sabtu, 7 Oktober 2023 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Delegasi yang terdiri dari empat tim berhasil meraih satu medali perak dan tiga medali perunggu pada lomba yang berskala nasional. Tema besar yang dilombakan fokus pada keilmuan kalkulus yang merupakan salah satu mata kuliah dasar pada Jurusan Matematika dan jurusan-jurusan eksakta lainnya. Lomba ini telah memberikan ruang bagi mahasiswa untuk melatih kreativitas dan cara berpikir kritis pada pendalaman terhadap ilmu matematika.

Ajang lomba makalah dan poster yang diselenggarakan oleh KAMINDO ini berupa penulisan makalah (artikel) dan pembuatan poster dengan konten makalah dan poster berturut-turut adalah pendahuluan, perangkat teori, pembahasan, kesimpulan dan referensi. Pembahasan dan analisis diselesaikan terkait solusi dari beberapa soal yang diberikan oleh pihak panitia. Penilaian didasarkan pada ketepatan, kelengkapan, keruntutan dalam penyelsaian soal dengan perangkat teori yang disajikan, ilustrasi yang digunakan dan teknik kepenulisan yang tepat. Seleksi dimulai dari tahap penyisihan dengan mengirimkan karya secara online dan kemudian dilanjutkan pada tahap final secara offline di Solo.

Penjurian tahap final dilakukan secara ketat dan diikuit banyak tim dari seluruh Indonesia baik dari dalam maupun luar Jawa. Untuk mata lomba makalah, dilakukan seleksi dengan melakukan presentasi selama 9 menit di depan forum dan dilanjutkan tanya jawab juri selama 6 menit. Presentasi dilakukan secara tertib diikuti oleh 15 tim yang lolos ke tahap final. Untuk mata lomba poster, dilakukan seleksi dengan menata pajangan poster di satu ruang besar. Penjurian dilakukan dengan presentasi oleh 15 tim secara bergantian di ruang pajang poster tersebut.

Empat tim dari Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman yang terdiri dari dua tim makalah dan dua tim poster telah berpartisipasi pada final lomba yang diselenggarakan oleh KAMINDO tersebut. Dua tim makalah peraih medali perunggu yang terdiri dari Tim 1 diketuai oleh Meicha Salsabila dengan anggota Dwi Sandi Kalla, dan Tim 2 diketuai oleh Yulianti Dewi Lestari dengan anggota Melina Kharisa. Selanjutnya ada dua tim poster peraih medali perak dan medali perunggu yang terdiri dari Tim 1 diketuai oleh Rahayu Nur Rahmawati dengan anggota Prya Arbella Prameswari dan Tim 2 diketuai oleh Rijal Zaidi Alfatih dengan anggota Faisal Ahmad Yuhistira. Kemenangan ini tidak luput dengan kontribusi dan dorongan yang besar di bawah bimbingan dosen-dosen Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman.

KELUAR