|
Saturday, 13 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Meraih Satu Medali Perak pada Lomba Calculus Cup XIV di Universitas Negeri Jakarta

Jakarta – Mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) telah mengikuti ajang Lomba Calculus Cup XIV yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Program Studi Matematika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Minggu, 15 Oktober 2023 di Universitas Negeri Jakarta. Tim dari Universitas Jenderal Soedirman berhasil meraih satu medali perak dalam lomba skala nasional yang memiliki fokus lomba pada keilmuan kalkulus. Lomba ini telah memberikan ruang bagi mahasiswa untuk melatih kerja sama tim dan berpikir kritis pada pendalaman terhadap keilmuan Matematika, khususnya Kalkulus.

Ajang lomba Calculus Cup XIV yang diselenggarakan oleh BEM Prodi Matematika UNJ ini berupa kompetisi atau olimpiade matematika dengan empat babak, yaitu babak penyisihan 1, penyisihan 2, semifinal, dan final. Babak penyisihan hingga babak semifinal diadakan secara online dan memiliki teknis yang serupa, yaitu tim akan ditempatkan di breakout room yang berbeda dan akan diberikan beberapa soal kalkulus dengan waktu pengerjaan yang telah ditentukan untuk setiap soalnya. Bagi tim yang menjawab tercepat dan benar akan mendapatkan poin sedangkan tim yang menjawab salah akan mendapatkan pengurangan poin. Sementara itu, babak final dilaksanakan secara offline di Universitas Negeri Jakarta dengan teknis berupa pengerjaan soal kalkulus oleh masing-masing tim yang kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi jawaban dan sesi tanya jawab bersama tiga dosen Universitas Negeri Jakarta sebagai dewan juri.

Dua tim dari Universitas Jenderal Soedirman melaju hingga babak semifinal. Namun, salah satu tim dari Universitas Jenderal Soedirman harus gugur pada babak ini. Sementara itu, tim dengan nama “Fearless” dari Universitas Jenderal Soedirman yang diketuai oleh Muhamad Ichlasul Jihad dengan anggota Bagas Dwi Cahyo dan Mohamad Izudin Fikri melaju ke babak final Calculus Cup XIV. Babak final dilalui dengan cukup baik oleh tim ini hingga memperoleh medali perak. Kemenangan ini tidak luput dengan kontribusi dan dorongan yang besar di bawah bimbingan dosen-dosen jurusan matematika Universitas Jenderal Soedirman.

KELUAR