|
Tuesday, 27 Feb 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

WORKSHOP RPS BIDANG MATEMATIKA

PURWOKERTO, 21 Oktober 2023, unsoed.ac.id – Dalam rangka implementasI Project i_267, Jurusan Matematika FMIPA Unsoed menyelenggarakan kegiatan berupa workshop RPS. Kegiatan yang mengambil tajuk “Workshop Penyusunan RPS dan Implementasi Metode Pembelajaran Case Method dan Project Based Learning” ini dilaksanakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Nara sumber pada kegiatan ini adalah Dr. Irwan Endrayanto Aluicius, S.Si., M.Si. dari Jurusan Matematika UGM.

Acara dibuka oleh Dekan FMIPA Unsoed, Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D. dan dihadiri oleh seluruh dosen Jurusan Matematika Unsoed. Dalam sambutannya, Dekan FMIPA menjelaskan banyak hal yang telah dilaksanakan FMIPA dalam seminggu ini, seperti hadirnya Portal Karir Unsoed yang menjembatani mahasiswa, alumni dan dunia indsutri. Berkaitan dengan pelaksanaan Workshop RPS Bidang Matematika ini, Dekan FMIPA menekankan pada pentingnya menghasilkan rekognisi melalui metode-metode pembelajaran yang inovatif dan mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif.

Harapan tersebut sejalan dengan paparan awal dari Nara Sumber yang menyampaikan bahwa Pembelajaran di Abad 21 berpusat pada pola pikir yang gesit. Di dalamnya tercakup pola pikir bertumbuh, kreatif, inovatif, adaptif dan kolaboratif. Untuk mencapai kapasitas tersebut, maka perlu dilakukan Relaksasi Kurikulum. Merujuk pada Relaksasi Kurikulum, maka peran utama dosen pada Pembelajaran Abad 21 adalah menjadi Dosen Penggerak yang mampu memfasilitasi dan menginspirasi proses belajar mahasiswa.

Pelaksanaan workshop ini terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama adalah sebelum ishoma yang diisi dengan pemaparan materi seputar konsep dasar penyusunan RPS berdasarkan Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023. Berdasarkan Permendikbudristek tersebut, Profil Lulusan PT harus dapat teridentifikasi melalui Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang meliputi Penguasaan Ilmu Pengetahuan, Keterampilan, Sikap, Soft skills dan Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat.

Pada sesi kedua, disampaikan contoh-contoh pembelajaran dalam bidang Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran yang direkomendasikan dalam IKU 7, yaitu Case Study dan Project Based Learning. Tidak semua mata kuliah di Jurusan Matematika dapat cocok dengan kedua metode tersebut. Mata kuliah seperti Kalkulus, Statistika, Matematika Terapan dan Kapita Selekta merupakan mata kuliah yang karakteristiknya sangat sesuai dengan kedua metode tersebut, sehingga dapat dijadikan sebagai mata kuliah-mata kuliah untuk mendongkrak pencapaian IKU 7. Namun demikian, untuk mata kuliah yang lain harus tetap diupayakan penggunaan kedua metode tersebut, meskipun proporsi penilaiannya belum mencapai minimal 50%.

Pelaksanaan workshop menjadi menarik dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dan terjadinya diskusi mendalam antara Nara Sumber dengan peserta. Acara ditutup oleh Ketua Jurusan Matematika, Prof. Dr. Idha Sihwaningrum yang berharap agar pelaksanaan metode pembelajaran Case Study dan Project Based Learning mendapat dukungan penuh dari seluruh dosen di Jurusan Matematika FMIPA Unsoed.

Reporter: Agung Prabowo (Staff Pengajar Prodi Matematika FMIPA Unsoed)

KELUAR