|
Tuesday, 27 Feb 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

PRESTASI GOLD MEDAL PADA DIPONEGORO SCIENCE COMPETITION 2023

PURWOKERTO, 22 September 2023, unsoed.ac.id – Dipenogoro Science Competition (DSC) merupakan kegiatan perlombaan Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Dipenogoro. Pada tahun 2023 ini, DSC diselenggarakan dengan mengusung tema “Optimalisasi Kearifan Lokal dan Budaya Indonesia melalui Inovasi Sains, Teknologi, dan Sosial Humaniora untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Penyelenggaraan DSC yang telah berlangsung pada 22 September 2023 ini dimaksudkan untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang memiliki ide inovatif yang mampu menuangkannya dalam gagasan yang real.

Pada ajang tersebut, Tim mahasiswa UNSOED yang berjumlah tiga orang berhasil mendapatkan Juara 1 (Gold Medal). Satu dari ketiga mahasiswa berasal dari Prodi Fisika yaitu Wildanul Munfarid (Fisika, 2021) yang bertindak sebagai Ketua. Sedangkan dua lainnya adalah Khansa Nabilah (Agroteknologi, 2021) dan Ayu Azkiyah (Agroteknologi, 2021).

Tim delegasi UNSOED ini dibawah bimbingan Ibu Umi Pratiwi, M.Sc. mengambil judul Karya Tulis Ilmiah “Pemanfaatan Piezoelektrik K750BP2 pada Sepatu Boots sebagai Sprayer Power untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian Lokal”. Tim tertarik mengambil judul tersebut karena pembangunan berkelanjutan, khususnya dalam mencapai target SDGs yang terkait dengan ketahanan pangan, memerlukan strategi diversifikasi pertanian.

Di Indonesia, tingginya ketergantungan terhadap impor komoditas pertanian seperti kedelai menjadi masalah yang perlu diatasi. Solusi yang diusulkan melibatkan pengembangan teknologi penyemprotan pertanian yang lebih efisien dan cepat, khususnya dengan memanfaatkan material piezoelektrik pada alas sepatu petani untuk menghasilkan energi listrik. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi perawatan tanaman, tetapi juga mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan melalui inovasi teknologi yang ramah lingkungan.

Reporter: Suci Rahayu (Staff WD 3 FMIPA Unsoed).

 

KELUAR