|
Saturday, 13 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Mahasiswa Fisika Taklukan Kompetisi Internasional

Tak kunjung surut semangat mahasiswa Fisika, bahkan semakin deras dan menggebu. Kali ini kembali ditorehkan prestasi Mahasiswa Fisika Angkatan 2022, Zia Rahmawati (K1C022064) berhasil menyabet silver medal dalam ajang kompetisi Internasional bergengsi World Invention International Youth Association (WYIIA). WYIIA merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA), platform internasional bagi para ilmuwan riset lokal dan internasional untuk unjuk inovasi sains kepada dunia. Melalui kompetisi ini diharapkan mampu menjadi pemantik bagi generasi muda untuk mulai berinovasi dan menggagas terobosan-terobosan baru.

WYIIA menjadi salah satu tempat Zia bersama dengan keempat rekannya yaitu Devia Angelina Sopian (Biologi, 2022), Elda Zaelita Nurul Raizma (Biologi, 2022), Siti Nuril Ihda (Biologi, 2022), dan Hanifan Bagja Hilmana (Teknik elektro, 2021) untuk menunjukkan ide luar biasanya. Di bawah bimbingan Dr. Endang Ariyani Setyowati, M.Si Dosen Fakultas Biologi Unsoed tim yang kerap disapa dengan “Tim Chalora” ini mempresentasikan gagasan mereka dengan memukau. Tim ini membawakan karya dengan judul CHALORA: City Park Lights CO2 Absorber Based on Microalgae Culture (Chlorella sp.) to realize Net Zero 2050. Ide ini diperoleh dari hasil permasalahan lingkungan yang saat ini menjadi isu dunia dan pengamatan tim dalam memanfaatkan mikroalga yang berlimpah di Indonesia untuk dijadikan sebagai lampu taman yang dapat menyerap CO2, menghasilkan O2 dan menghasilkan sumber listrik.

Kompetisi yang Zia dan teman-temannya ikuti tersebut dimulai dari 10-14 Oktober 2023 dengan 8 kategori yaitu Technology, Mathematics, Social Science, Environment, Life Science, Physic, Education dan Energy and Enginnering.  Ajang ini diikuti oleh 238 tim dari 15 negara antara lain Thailand, USA, Mexico, Kazhakhstan, Filipina, Republic of Korea, Malaysia, Vietnam, Korea Sealatan, Romania, Nepal, Saudi Arabia, United Arab Emirates, Turki, dan Indonesia. “Walaupun melalui begitu banyak proses mulai dari pencarian ide, penyusunan proposal hingga presentasi sangat bersyukur bisa berkesempatan mengikuti bahkan sampai mendapatkan medali salam kompetisi ini”, pungkas Zia. Ia berharap teman-teman Fakultas MIPA khususnya Fisika terus terpacu untuk meraih prestasi dan bersama-sama mengharumkan nama Universitas Jenderal Soedirman.

KELUAR