|
Wednesday, 17 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

KOMPETISI MIPA SOEDIRMAN 2023

PURWOKERTO, 18 November 2023, unsoed.ac.id – Kompetisi MIPA Soedirman (KMS) merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman. KMS tahun 2023 merupakan penyelenggaraan untuk yang ketiga kalinya.

KMS 2023 mengusung tema “Aktualisasi Pengetahuan dan Kreativitas Scientis Muda dalam Mewujudkan Generasi Emas di Era Society 5.0”. Sedangkan agenda pada KMS 2023 berupa olimpiade bidang fisika, kimia, dan matematika untuk siswa SMA/Sederajat se-Indonesia. Melalui kegiatan tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa/i SMA/Sederajat dalam belajar ilmu matematika, kimia, dan fisika serta mengasah kemampuan berpikir kreatif dan inovatif para siswa.

KMS 2023 telah berlangsung dari tanggal 4 November 2023 sampai tanggal 18 November 2023. Dalam durasi 2 minggu tersebut terdapat tiga rangkaian acara berturut-turut adalah babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Babak penyisihan dan semifinal dilaksanakan secara online, sedangkan babak final diadakan in situ di Kampus FMIPA Univeristas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Pembukaan KMS 2023 dilakukan pada tanggal 4 November 2023 dan dilanjutkan dengan Babak Penyisihan secara online melalui zoom meeting. Sebanyak 185 siswa tercatat mengikuti Babak Penyisihan ini. Dari sejumlah siswa tersebut diambil 20 siswa dari masing-masing bidang (Kimia, Fisika dan Matematika) untuk mengikuti babak selanjutnya.

Babak Semifinal yang diadakan pada tanggal 11 November 2023 masih diadakan secara online melalui  zoom meeting. Jumlah total peserta yang mengikuti Babak Semifinal sebanyak 60 siswa dari ketiga bidang kimia, fisika, dan matematika.

Babak Final, talkshow dan Penutupan diadakan pada tanggal 18 November 2023 di Gedung IAB Universitas Jenderal Soedirman. Babak Final hanya diikuti oleh 18 orang peserta, dilanjutkan talkshow dengan pembicara Ahlam Naufal Mahendra.

KMS 2023 memberikan penghargaan untuk para juara dari masing-masing bidang berupa Piala Gubernur Jawa Tengah dan Uang Pembinaan untuk Juara 1; Piala Rektor Universitas Jenderal Soedirman dan Uang Pembinaan untuk Juara 2; dan Piala Dekan FMIPA Universitas Jenderal Soedirman dan Uang Pembinaan untuk Juara 3.

Berikut ini adalah para juara dari masing-masing bidang:

Bidang Matematika:

  1. Ester Gloria Abigail Mamesah (SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta)
  2. Muhammad Gilang Ramadhan (SMAN 1 Maos)
  3. Muhammad Widya Tri Atmaja (SMAS Taruna Nusantara)

Bidang Fisika:

  1. Kalevi Al Farras Wahib Husain (SMAN 3 Cilacap)
  2. Muhammad Nabil Firdaus (SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto)
  3. Rafi Hazza Saputra Nur Romadoni (MAN Purbalingga)

Bidang Kimia:

  1. Ramadani Adinata (MAN 1 Yogyakarta)
  2. Kgs Asyrafa Fattan Halim (SMAN 2 Cirebon)
  3. Sonya Yulia Fahrisa (MAN 1 Jepara)

Pada kesempatan tersebut, penganugerahan Juara 1 dikukuhkan oleh Wakil Rektor 3 Universitas Jenderal Soedirman Dr. Norman Arie Prayogo, S.Pi., M.Si., penyematan Juara 2 dilakukan oleh Wakil Dekan 1 FMIPA Universitas Jenderal Soedirman Prof. Wahyu Tri Cahyanto, dan pengalungan Juara 3 dilakukan oleh Dekan FMIPA Universitas Jenderal Soedirman Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat. Sci., Ph.D.

KELUAR