|
Saturday, 13 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Seminar Daring Seri 30

Pada Rabu, 24 Januari 2024, pukul 09.00-10.30 WIB, telah berlangsung seminar daring (Semirng) seri ke-30 sebagai kegiatan ilmiah rutin di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Semiring ke-30 ini menghadirkan pembicara Dr. Sri Maryani, salah seorang dosen di program studi Matematika Unsoed, dan dimoderatori oleh Dr. Bambang Hendriya Guswanto, kepala Laboartorium Analisis dan Aljabar FMIPA Unsoed. Pembicara menyampaikan materi dengan topik “Konstruksi Aliran Fluida Termampatkan”. Semiring ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa jurusan Matematika Unsoed, juga beberapa dosen dari luar Unsoed, seperti dari Universitas Pertahanan dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Dalam penyampaiannya, pembicara membahas tentang penurunan model matematika aliran fluida termampatkan yang merupakan suatu sistem persamaan diferensial parsial yang melibatkan variabel massa jenis dan kecepatan fluida. Model matematika ini diturunkan dari hukum konservasi massa dan hukum konservasi momentum. Untuk menentukan penyelesainnya, model matematika tersebut ditransformasi Laplace terlebih dahulu untuk mendapatkan bentuk yang melibatkan operator resolvent yang berkaitan dengan model tersebut. Penyelesaian model selanjutnya diperoleh dengan menggunakan transformasi Fourier.

Secara umum, semiring seri ke-30 ini berjalan dengan lancar dan hangat. Diskusi setelah penyampaian materi berlangsung dengan antusiasme tinggi. Banyak pertanyaan dan masukan yang disampaikan dapat menambah wawasan kelimuan yang berkaitan dengan topik tersebut. Lebih jauh daripada itu, materi penyampaian dan diskusi setelahnya diharapkan bisa menjadi pemicu munculnya ide-ide penelitian baru yang terkait atau inspirasi penyelesaian masalah-masalah penelitian terkait yang sedang dihadapi. Bravo Jurusan Matematika Unsoed! Math for Universe!

KELUAR