|
Saturday, 27 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

PELATIHAN SOFT SKILL UNTUK PARA CALON WISUDAWAN/WISUDAWATI BULAN MARET 2024

PURWOKERTO, 21 Februari 2024, unsoed.ac.id. – Pada hari Rabu tanggal 21 Februari 2024 bertempat di Ruang Auditorium Gedung C Fakultas MIPA telah dilaksanakan soft skill untuk para calon wisudawan/wisudawati bulan Maret 2024. Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D, dan dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Amin Fatoni, S.Si., M.Si., Ph.D. ini diikuti oleh 37 peserta yang terdiri dari 19 calon wisudawan dari Jurusan Matematika, 7 calon wisudawan dari Jurusan Kimia, dan 11  calon wisudawan dari Jurusan Fisika.

Acara pembekalan soft skill untuk para calon wisudawan/wisudawati merupakan agenda rutin menjelang wisuda. Pada kesempatan kali ini, pembekalan calon wisudawan/wisudawati menghadirkan pembicara Said Muchsin Basalamah (Ketua REI Kabupaten Banyumas) yang mengambil tema “Kiat Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja dan Berwirausaha”.

Dalam penyampaiannya Beliau mengatakan pentingnya soft skill bagi fresh graduate. Pertama, pembakalan melalui soft skill diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan menumbuhkan daya saing di pasar kerja. Kedua, melalui soft skill calon wisudawan memiliki pengetahuan pentingnya kolaborasi tim dan penyelesaian masalah secara team work. Ketiga, soft skill menjadi upaya untuk menumbuhkan etika kerja, kemampuan komunikasi yang baik dan menunjang profesionalisme kerja.

Sedangakan Pembicara kedua adalah Indra Herdiana, S.Mat., M.Sc., dengan tema “Cara Sukses Memperoleh Beasiswa Pasca Sarjana (S2)”. Dalam penyampainnya, dosen dari Jurusan Matematika UNSOED yang berpenampilan khas gaya Korea ini menyampaikan berbagai alasan ingin studi lanjut bagi para alumni S1, antara lain menambah ilmu tingkat lanjut dan kesempatan karier lebih terbuka.

Selain kedua pembicara tersebut, Tim Portal Karier Unsoed juga turut mengisi acara ini dengan sosialisasi cara registrasi di Portal /Website Karier Unsoed. Portal tersebut nantinya sangat berguna bagi para Alumni untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan informasi-informasi lainnya.

-SR-

KELUAR