|
Monday, 15 Jul 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

PELATIHAN KONSELING UNTUK DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK FAKULTAS MIPA

PURWOKERTO, 21 Maret 2024, unsoed.ac.id. – Pada hari Kamis, tanggal 21 Maret 2024, bertempat di Gedung Auditorium Fakultas MIPA UUNSOED, Tim Bimbingan Konseling (BK) Fakultas MIPA mengadakan Pelatihan Bimbingan Konseling untuk Dosen Pembimbing Akademik (PA).

Pelatihan konseling untuk dosen Pembimbing Akademik ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Amin Fatoni, S.Si., M.Si., Ph.D. dan diikuti oleh perwakilan Dosen PA dari Program Studi Matematika, Kimia, Fisika dan Statistika.

Pembicara dalam acara tersebut adalah Ernasiwi Astri Oktavilia, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Dalam penyampaiannya Ibu Ernasiwi menjelaskan tujuan diadakanya konseling untuk dosen PA adalah pertama dosen-dosen PA mampu melakukan konseling kepada mahasiswa bimbingannya dengan efektif, terencana dan terukur, dan kedua dosen-dosen PA secara rutin membuat catatan/laporan konseling mahasiswanya. Oleh karena itu, dalam pelatihan konseling ini juga dilakukan simulasi bimbingan akademik mahasiswa kepada dosen PA-nya yang diperankan oleh peserta pelatihan.

Acara tersebut menjadi salah satu program Tim BK Fakultas MIPA mengingat masih terdapat image pada mahasiswa “takut” untuk menemui Dosen PA. Selain rasa “takut”, masalah yang sering muncul pada pembimbingan akademik adalah ketepatan pengisian KRS, ketepatan masa studi, dan demotivasi.

Dalam penyampaiannya, Pembicara mendorong dosen-dosen PA untuk lebih open agar mahasiswa berani menyampaikan permasalahan yang menjadi kendala saat menempuh pendidikan. Dosen PA seharusnya dapat menjadi “tempat yang nyaman” untuk menceritakan permasalahan yang dihadapi mahasiswa bimbingannya.

-SR-

KELUAR