|
Wednesday, 22 May 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

MAHASISWA FMIPA UNSOED RAIH BEASISWA IISMA UNTUK BELAJAR DI LUAR NEGERI

PURWOKERTO, 21 Maret 2024, unsoed.ac.id. – Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Shammara Ardine Angelique, berhasil meraih beasiswa bergengsi IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards). Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar selama satu semester di universitas ternama di luar negeri.

Shammara, mahasiswa Jurusan Kimia semester 6 berhasil memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan di RUDN University, Rusia. Dalam menyiapkan administrasi dan tahapan seleksi, Shammara mengaku perlu meluangkan waktu khusus agar lebih fokus dan teliti. Mahasiswa yang aktif dalam English Club ini mengaku dalam penyusunan esai perlu memilih redaksi yang tepat sesuai dengan gambaran serta kompetensi diri yang dikuatkan melalui Curriculum Vitae (CV).

Berdiskusi dengan alumni IISMA juga menjadi nilai tambah untuk mengetahui cara terbaik menyusun esai yang menarik dan meyakinkan. Tahapan seleksi dan undangan wawancara juga membutuhkan persiapan yang matang. Perlu adanya latihan wawancara langsung dengan partner yang lebih kompeten dan berpengalaman.

Satu hal yang tidak kalah penting yaitu mempertahankan nilai Indeks Prestasi (IP) per semester dengan belajar secara konsisten dan giat selama perkuliahan sangat penting. Kualitas akademis yang baik merupakan salah satu faktor utama yang dipertimbangkan dalam seleksi IISMA. Dengan memperhatikan ketiga hal ini, pengalaman akademik dan praktik, pengalaman organisasi yang signifikan, dan kualitas akademis yang tinggi, civitas akademik dari FMIPA akan memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil dalam seleksi IISMA dan meraih kesempatan studi internasional yang berharga.

-NI-

 

 

 

 

KELUAR