|
Monday, 15 Jul 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

PELATIHAN SOFTSKILL UNTUK PARA CALON WISUDAWAN BULAN JUNI 2024

PURWOKERTO, 19 April 2024, unsoed.ac.id. – Pada hari Selasa tanggal 4 Juni 2024, di Ruang Auditorium Gedung C Fakultas MIPA telah dilaksanakan softskill untuk para Calon Wisudawan bulan Juni 2024. Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D, dan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Amin Fatoni, S.Si., M.Sc., Ph.D. Pelatihan softskill ini diikuti oleh 39 peserta Calon Wisudawan dari Jurusan Matematika, Kimia dan Fisika berturut-turut 10, 4 dan 25 calon wisudawan.

 

 

Sebagai bekal untuk para calon wisudawan yang ingin melanjutkan studi lanjut (S2) dihadirkan Dadan Hermawan, S.Si., M.Si. Ph.D., yang mengangkat tema “Kiat Sukses Memperoleh Beasiswa Pascasarjana (S2/S3)”. Dalam penyampainnya Dadan Hermawan, S.Si., M.Si. Ph.D yang juga Dosen Program Studi Kimia mengatakan ada langkah-langkah yang harus dilakukan apabila calon wisudawan ingin studi lanjut yaitu: Mengumpulkan Informasi, Konsultasi, dan Membaca Buku untuk literasi. Beliau juga mengatakan banyaknya para calon wisudawan atau alumni yang ingin melanjutkan studi lanjut ke luar negeri bukan berarti kampus di Indonesia tidak lebih baik. Pada umumnya, alumni yang ingin meneruskan studi lanjut ke luar negeri mempunyai alasan ingin mendapatkan pengalaman, wawasan dan perspektif yang baru.

 

Sedangkan bagi para Alumni yang ingin membuka usaha setelah lulus kuliah, dihadirkan salah satu Pembisnis yang sudah sukses yaitu Erick Setianto. Bisnis Beliau yang terbilang suksses adalah M-Biopro yaitu produk obat-obatan herbal dan skincare. Tema yang disampaikan Bp. Erick Setianto adalah ”Menjadi SDM yang Siap Bersaing di Zaman Now”. Menurut Bp. Erick Setianto setiap orang harus mempunyai mimpi, agar mimpi bisa terwujud harus dibarengi  dengan ide, keterampilan dan action. Di jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, individu yang ingin berkembang akan menghadapi tantangan seperti peka teknologi, dan memiliki softskill, sikap disiplin, komunikatif dan mampu berkolaborasi.

-SR-

 

KELUAR